Selasa, 11 Mei 2021

VAKSIN DAN IMUNISASI AMAN DI MASA PANDEMI


Mengapa Imunisasi Untuk Anak Penting? 

Pemberian imunisasi pada anak-anak sangat penting bagi kesehatannya, karena imunisasi memiliki banyak manfaat diantaranya membantu mencegah infeksi dan penularan penyakit berbahaya.
Sejak program imunisasi dijalankan, sejumlah penyakit yang dulunya mematikan atau membuat kelumpuhan, menjadi sangat jarang, bahkan punah.


WHO sendiri menyebutkan 2-3 juta jiwa terselamatkan tiap tahunnya di seluruh dunia berkat imunisasi. Jadi, jangan tunda pemberian imunisasi pada anak ya. Yuk segera ajak anak ke fasilitas kesehatan terdekat.


#pekanimunisasidunia2021



Pekan Imunisasi Dunia (24-30 April 2021)


Setiap minggu keempat bulan April diperingati dengan Pekan Imunisasi Dunia atau World Immunization Week. Indonesia termasuk salah satu dari 180 negara anggota World Health Organization (WHO) yang turut memperingati momen ini dengan terus berupaya mengedukasi masyarakat, mengenai pentingnya vaksinasi untuk membentuk imun masyarakat .


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2018 ada sekitar 20 juta anak di dunia yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap, bahkan ada yang tidak mendapatkan imunisasi sama sekali. Padahal Untuk mendapatkan kekebalan komunitas (herd Immunity) dibutuhkan cakupan imunisasi yang tinggi (paling sedikit 95%) dan merata. Akan tetapi, saat ini masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Bahkan ada pula anak yang tidak pernah mendapatkan imunisasi sama sekali sejak lahir.



Walaupun dunia berfokus pada penemuan vaksin baru yang sangat penting untuk melindungi diri dari COVID-19, namun tetap ada kebutuhan untuk memastikan vaksinasi rutin tidak terlewat. Banyak anak yang belum divaksinasi selama pandemi global, membuat mereka berisiko terkena penyakit serius seperti campak dan polio. Pada tahun ini Pekan Imunisasi Dunia hadir dengan tema VACCINES BRING US CLOSER.


Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang cukup serius terhadap kesehatan masyarakat di Indonesia, dimana berbagai program kesehatan tidak dapat berjalan secara optimal salah satu di antaranya program imunisasi. Namun pemerintah tekankan para orang tua tetap melengkapi imunisasi anak.


Dalam situasi normal Indonesia merupakan salah satu negara yang menyumbangkan jumlah anak terbesar yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap. Sementara dalam kondisi pandemi COVID-19 akan sangat berdampak lagi dan sangat berpotensi untuk menyebabkan timbulnya kejadian luar biasa dari penyakit-penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi.


Peran Vaksin Terutama Dalam Masa Pandemi


• Vaksin memungkinkan kita untuk beraktivitas dengan lebih aman, baik untuk bekerja, bertugas, atau beribadah.
• Vaksin membangun jembatan lintas generasi, melindungi yang sangat muda dan tua dengan mencegah penularan penyakit di dalam rumah tangga.
• Vaksin membawa kita lebih dekat ke potensi kita sendiri, memungkinkan yang diimunisasi untuk memiliki kemungkinan hidup yang lebih tinggi, dengan tubuh dan pikiran terlindungi dari penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan vaksin.


TANTANGAN


Berbagai tantangan tantangan masih kita hadapi dalam pelaksanaan program imunisasi antara lain masalah pasokan vaksin, manajemen rantai dingin vaksin, layanan imunisasi yang harus ditingkatkan kualitasnya, adanya isu negatif tentang vaksin dan kurangnya pengetahuan sebagian masyarakat tentang manfaat imunisasi. Namun Menkes mengajak agar tantangan-tantangan ini harus kita sikapi dengan tepat dan sungguh-sungguh agar hambatan pada pelaksanaan program imunisasi dapat dihindari dan agar segenap Rakyat Indonesia terlindung dari bermacam penyakit yang notabene nya dapat dicegah menggunakan vaksin.



HIMBAUAN


Menkes menghimbau kepada segenap pelaksana/ pengelola/ praktisi program imunisasi, para stakeholder dan para penggiat imunisasi, termasuk kalangan pers untuk :
1) meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat vaksin dan pentingnya imunisasi rutin lengkap bagi kesehatan anak dan seluruh masyarakat dengan memberikan informasi yang benar tentang imunisasi;
2) membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi rutin lengkap sebagai dasar untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan;
3) membangkitkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya program imunisasi sebagai investasi dalam mewujudkan bangsa yang sehat, bermutu, produktif, dan berdaya saing.


Selain praktisi kesehatan kementerian kesehatan RI pun mengajak kami para BLOGGER sebagai penerus wacana berita tentang pentingnya imunisasi dari  pemberitaan pemberitaan yang  tidak benar di luar sana , berharap dengan acara yg di adakan di hotel Manhattan Kuningan  7 Mei 2021 bisa lebih membuka mata Masyarakat akan pentingnya imunisasi terlebih di masa pandemi ini .



Ditambah lagi dengan adanya kekhawatiran orang tua untuk membawa anaknya diimunisasi karena COVID-19. Padahal  jika anak tidak diimunisasi lengkap akan berisiko tinggi tertular tertular penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

“Orang tua harus menjamin anaknya mendapatkan imunisasi lengkap, walaupun saat pandemi COVID-19,” 


Pemberian imunisasi pada anak harus dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan agar terhindar dari virus penyebab COVID-19 sekaligus terhindar dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.


Meyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman dan berkualitas sehingga masyarakat tidak perlu khawatir . 

"Ayo imunisasi , Bersatu Sehatkan Negeri " 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

VAKSIN DAN IMUNISASI AMAN DI MASA PANDEMI

Mengapa Imunisasi Untuk Anak Penting?  Pemberian imunisasi pada anak-anak sangat penting bagi kesehatannya, karena imunisasi mem...