Rabu, 25 November 2020

PENTINGNYA SARAPAN BAGI ANAK DI MASA PANDEMI






Pagiii.... Semangat ya untuk memulai hari ,  Pagi hari merupakan waktu paling sibuk di rumah. Apalagi jika kamu  sudah berkeluarga , prioritas pertama adalah suami dan anak anak .
Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut aktivitas sepanjang hari.  Tetapi, ada aktivitas  penting lain yang kerap terlupakan. Menyantap sarapan ...



Beberapa bulan kemaren tak terasa kita semua melakukan segala aktifitas dari rumah karena memang negara kita sedang dalam masa pandemi . Tak terasa pula jika pola hidup dan bahkan pola makan jadi berubah bahkan kadang melupakan hal yang kecil yaitu bagun pagi dan sarapan .


Bagaimana dengan anak ank yg sekolah dari rumah , yang tidak perlu buru buru pergi sekolah . Tetap perlu sarapan kah ..??? Tetap perlu ya bunda .




PENTINGNYA SARAPAN BAGI ANAK ANAK

Mereka menguap mengucek-ngucek mata .Setelah tidur semalaman, anak-anak perlu sarapan bergizi supaya siap beraksi. Mereka harus mendapatkan sekitar 20% dari energi harian mereka dan jumlah nutrisi yang signifikan di pagi hari.



Selama pandemic Covid-19, anak-anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh, dan rata-rata siswa menghabiskan 5 sampai 7 jam belajar secara daring, karenanya mereka perlu selalu fokus dan berkonsentrasi agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 




Dampak penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat .
Orang tua perlu memahami bagaimana dapat membantu anak-anak agar fokus pada pembelajaran daring mereka setiap hari, dengan menyediakan dan memahami pentingnya asupan gizi seimbang dan teratur, yang dimulai dengan sarapan, dan meluangkan waktu untuk mengajak anak-anak mempunyai gaya hidup sehat dan aktif, guna membantu anak-anak fokus dan bersemangat selama waktu belajar.



Maka dari itu bunda agar anak anak tidak merasa jenuh dengan menu itu itu saja Nestle menghadirkan KOKO KRUNCH yang pasti di sukai anak anak . Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak-anak, dan menjadikan sarapan sebagai momen yang menyenangkan.



MANFAAT SARAPAN PAGI SECARA TERATUR

1. Metabolisme Lebih Baik

Pada pagi hari, tubuh dalam keadaan tidak optimal setelah bekerja semalaman. Dengan sarapan yang kamu makan, kamu memberikan sinyal kepada tubuh bahwa pagi kamu siap untuk dimulai. Dengan begitu, otomatis tubuh akan dalam keadaan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik. Selain itu metabolisme tubuh juga terjaga karena ada asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mencegah Makan Berlebihan

Salah besar bila kamu tidak sarapan pagi karena sedang diet. Sebab manfaat sarapan pagi secara teratur adalah mencegah kamu makan berlebihan. Umumnya jika kamu tidak sarapan, justru nantinya hasrat untuk mengkonsumsi banyak makanan lebih tinggi pada siang hari.

3.  Nutrisi Dasar Untuk Tubuh

Sarapan pagi juga berarti memenuhi jumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari. Jika kamu melewatkan satu kali sarapan, berarti tubuh akan kehilangan sebagian nutrisi penting yang seharusnya dipenuhi pada saat sarapan. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu, meskipun pada awal tidak terlihat namun berpengaruh pada kesehatan Kamu di masa yang akan datang.

4. Semangat Dalam Menjalani Aktifitas

5. Meminimalisir Masalah Kesehatan

6. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Seseorang yang makan cukup karbohidrat saat sarapan, tidak akan merasa lapar serta kadar gula dalam darahnya akan seimbang sehingga tidak mudah emosi. Selain itu, dengan kadar gula yang seimbang juga menghindarkan tubuh dari resiko terkena diabetes.




Sejalan dengan komitmen NestlĂ© untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup lebih sehat, NestlĂ© Breakfast Cereals (NBC)  menghadirkan KOKO KRUNCH . 

Ahli gizi Dr.Rita Ramayulis DCN, M.Kes juga menjelaskan, “Salah satu sumber gizi yang penting adalah serealia utuh, karena serealia utuh masih memiliki keseluruhan tiga lapisan (kulit, endosperma, dan inti)  yang mengandung lebih banyak serat, vitamin B, karbohidrat dan protein. Vitamin B dan zat besi juga berperan penting dalam membantu mengoptimalkan fungsi organ dan jaringan tubuh anak, karenanya sangat dianjurkan untuk diberikan dalam menu makanan dan minuman sehari-hari pada anak. Kombinasi vitamin B (B2, B3, B6, B9) membantu proses metabolisme energi sedangkan zat besi merupakan komponen hemoglobin yang membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh .




Dengan sarapan pagi yang rutin, maka merupakan suatu langkah yang baik sebab anak menjadi akan menghindari mencari makanan yg kurang tepat bagi kesehatannya sebagai pengganti makanan paginya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

FAKTA SKM BAGI BALITA

Sore bunda ...jumpa lagi dengan saya yang kali ini kembali membahas tentang gizi , karena saat ini kita masih di masa pandemi dimana kebutuh...