Minggu, 06 Oktober 2019

4 PILAR PROGRAM WAKAF DOMPET DHUAFA





Alhamdulillah... selamat malam ,
Ketemu lagi ya dengn tulisan saya tentang wakaf  . Kalau membahas tentang dunia apalagi wakaf tidak ada  habisnya karens ber wakaf adalah salah satu amalan yang bisa lakukan di dunia untuk bekal di sana kelak .



KENAPA BERWAKAF

Setiap hari ribuan saudara kita harus berjuang untuk lepas dari belenggu kemiskinan, berkutat dengan masalah kesehatan, sanitasi dan kekurangan air bersih, hingga tempat tinggal dan mata pencaharian yang layak."
Wakaf tidak hanya sekedar mewakafkan masjid , jalan atau kuburan , wakaf juga bisa berupa uang .



Wakaf Uang dan Wakaf Melalui Uang adalah salah satu jalan untuk mengentaskan berbagai permasalahan ini. Wakaf Uang dan Wakaf Melalui Uang bersifat likuid sehingga mudah diproduktifkan dan akan menjadi kekuatan ekonomi yang menyejahterakan dan memberdayakan umat.




Inilah perniagaan terbaik kita dengan Allah SWT: yang mengekalkan harta, mengalirkan pahala berlipat sekaligus sumber manfaat bagi umat. Dengan wakaf kita hadirkan kembali senyum di wajah mereka, kita kembalikan lagi harkat dan martabat mereka sebagai manusia. 



Seperti pernah saya bahas tentang wakaf produkti yang di laksanakan oleh DOMPET DHUAFA  di blog saya mengenai  kebun Berdaya di daerah Subang kali ini saya akan membahas wakaf dibidang pendidikan dan kesehatan  . Yang juga  merupakan project dari DOMPET DHUAFA yang di sebut sebagai 4 PILAR PROGRAM WAKAF DOMPET DHUAFA.



Mendapat undangan dari Dompet Dhuafa dalam acara Blogger Meet Up , Rabu 3 Agustus 2019 bertempat di SMK Smart Ekselensia Indonesia daerah Parung . Di sini kami para blogger di ajak melihat lihat apa saja pencapaian dari program 4 pilar Dompet Dhuafa yang memang berawal dari wakaf para wakif .


Acara yang di buka dengan pembacaan  tilawah oleh Tadi Zikri, Siswa Hafidz Pesantren E-Tahfidz Smart Ekselensia Dompet Dhuafa.
Selanjutnya sambutan oleh ,
Bapak Yuli Pujihardi
Dir. Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa dan Dir. Kawasan Zona Madina Dompet .
Lanjut oleh Boby P. Manulang
GM. Wakaf Dompet Dhuafa
Serta keterangan dari
Ustad syafii Direktur DD pendidikan.
Mereka menjelaskan kan muasal Ter bentuk nya semua fasilitas umum yang di peruntukan untuk ke pentingan dan kebaikan masyarakat  yang semua nya berasal dari wakaf .



4 PILAR , PROGRAM WAKAF DOMPET DHUAFA


1. Program kesehatan
Yang telah di capai dari wakaf dalam bidang kesehatan diantaranya telah dibangunnya beberapa Rumah Sakit , clinic, optik serta apotek yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.
Yaitu ...
+ RS RUMAH SEHAT TERPADU PARUNG
+ RS AKA MEDIKA SRIBHAWONO LAMPUNGTIMUR
+ RS LANCANG KUNING PEKANBARU
+ RS SAYYIDAH JAKARTA TIMUR
+ RS MATA ACHMAD WARDI SERANG BANTEN
+ RS GRIYA MEDIKA TULANG BAWANG LAMPUNG
+ RS QATAR CHARITY DOMPET DHUAFA



CLINIC
+ KLINIK NAURA DEPOK
+ KLINIK SRIGADING LAMPUNG TIMUR
+ KLINIK BAOH LAMPUNG TIMUR
OPTIK
+ OPTIK I&U ZONA MADINAH PARUNG
+ OPTIK RS MATA AW SERANG
APOTEK
+ DD FARMA CIPUTAT


2. Program Edukatif / pendidikan
Di bidang pendidikan Dompet Dhuafa juga telah mengelola beberapa diantaranya Lembaga Pengembangan Insani yang mengelola Sekolah SMART Ekselensia Indonesia, Sekolah Guru Indonesia, Beastudi Etos. Sekolah Islam AlSyukro Universal, dan Sekolah SMART Cibinong.



Saat ini Dompet Dhuafa sedang membangun Dompet Dhuafa University, tetapi sudah menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM) angkatan pertama di bangunan Lembaga Pengembangan Insani masih dalam kawasan Zona Madina, Parung -Bogor.
Kemudian juga ada sebuah program mahakarya Dompet Dhuafa dalam Pendidikan Tahfidz yang kompetensi kepemimpinannya, ilmu pengetahuan teknologi terkininya bisa di banggakan selain sebagai hafidz quran tentunya. Akan di bangun di desa Benda Kecamatan Cicurig Lido, Sukabumi dengan nama Pesantren Hafidz Village.


3. Program Ekonomi
* Di bangun Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa di desa cirangkong kecamatan Cijambe Subang Jawa Barat.
Mengolah lahan seluas 8,5 hektar yg di tanami dengan aneka tanaman buah di antaranya buah nanas , pepaya ,ibu kristal , buah naga dan alpukat.
* Selain di bidang bahan  pangan di bangun pula DAYA MART , pemberdayaan Dhuafa berbasis Mini market .
Daya mart didirikan dengan kepemilikan mayoritas Mustahik/ keluarga miskin dan sebgian infestor yang peduli dan ingin berbagi.
* Selanjutnya hasil dari Indonesia berdaya di oleh di pabrik Ekstrak Buah Indonesia Berdaya . Pabrik Ekstrak Buah y Berdaya






4. Program Sosial
Masjid Al - Majid bukit kemuning jl raya Baturaja no. 195 kabupaten Lampung Utara.
Masjid Al- Majid ini adalah program wakaf sosial umum yang di bangun di atas tanah seluas 856, 68 M2.
Masjid ini yang nantinya akan di manfaatkan untuk keperluan ibadah dan dakwah bagi masyarakat sekitar dan sekaligus di fungsikan sebagai rest area bagi pengguna jalan raya.



Mellalui kampanye wake up wakaf di era millenil ini berharap bisa mengajak masyarakat sadar bahwa wakaf bisa menunaikan wakaf produktif dengan uang . Dengan ini Dompet Dhuafa ingin menunjukkan bahwa Berwakaf itu mudah , ringan dan bisa di lakukan oleh semua kalangan termasuk kaum millenial yang di tunjang oleh masifny tekhnologi gadget. Untuk lebih jelasny DOMPET DHUAFA jg membuka
Platform bawaberkah.org  untuk masyarakat tau lebih dalam tentang wakaf .






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

99 NAMA CINTA KISAH ROMANSA YANG RELIGI

"Kalau cemburu jangan terlalu, kalau benci juga jangan terlalu nanti jadi rindu” Awas hati hati dalam menilai seseorang , ...