Minggu, 21 Juli 2019

NEGARA THE PANAS DALAM ALA KOBOY KAMPUS




Siapa yang lahir tahun 90 an pasti masih ingat ya masa masa orde lama itu apalagi untuk para mahasiswa yang pada masa itu begitu vokal suaranya demi menurunkan pemerintahan orde lama . Nah Lo kenapa jadi bahas politik ya hihi ngga sii ini tentang kehidupan anak anak kuliah pada masa itu sebetulnya .



Kisah nyata dari seorang PIDI BAIQ seorang penulis novel yang pernah jadi mahasiswa di  ITB (Institut Teknologi Bandung)  yang katanya  ia mengaku tak menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu.



Pidi Baiq yang lebih sering di panggil ayah pidi kali ini kembali mengangkat salah  satu novel nya untuk dijadikan film , masih ingat film Dilan kan nah itu juga salah satu hasil karya beliau yang di film kan juga . Kalau kemarin film Dilan mengisahkan tentang masa SMA kali ini di film yang di beri judul " Koboy kampus " beliau mengisahkan tentang kehidupan mahasiswa di masanya.



APA SI KOBOY KAMPUS


'Koboy Kampus' merupakan sebuah kisah yang ditulis Pidi berangkat dari pengalaman sahabat-sahabatnya yang drop out. karena lebih banyak ngoboy-nya daripada melaksanakan kuliah ,  tak tanggung-tanggung
Ayah Pidi Baiq kembali mengangkat salah satu novelnya untuk dijadikan film, sekaligus ia juga menjadi sutradara di film tersebut.



Kebetulan hari ini tanggal 18 juli 2019 saya menghadiri press screening film koboy kampus yang bertempat di Epicentrum xx1 Kuningan Jakarta .
Di sini beliau mengatakan kalau dulu mahasiswa di kampusnya terkesan main-main ketimbang belajar. Bahkan dia menyebut ada mahasiswa yang kuliah sampai 14 tahun. Woow ..
Betah ya hihihi , jaman sekarang masih ada tidak ya yang begitu .



"Koboy kampus zaman dulu masa kadaluarsa kuliahnya ada yang sampai 14 tahun, minimal tujuh tahun. Jadi mereka punya banyak waktu dan kesempatan untuk main-main di kampus selain kuliah," tuturnya. Hadeeuh ...coba itu bayar mahal cuma buat main main , kalau zaman sekarang gimana tuu . Heeemmm...



NEGARA THE PANAS DALAM


Berdasarkan fakta itu maka di dirikan kanlah sebuah negara "The Panas Dalam"  yang penghuninya cuma 5 warga negara, karena the panas dalam memang singkatan dari 5 agama yang ada d NKRI katanya .  Kebayang ga seperti apa itu negara , tanpa dosa dan penyesalan menjalani sebuah negara. Awas senyum senyum sendiri ... Lucu dan kocak  raut muka mereka pokoknya .



Yang bikin gagal fokus di film ini  tuu muka muka mereka begitu seram berantakan maklum anak seniman tapi jiwa mereka begitu melo  hihihi pokoknya lucu kocak abis , apalagi pas mereka mulai suka kepada para wanita hhh .



Menurut penulis novel Dilan ini, koboy kampus merupakan istilah yang Teknologi Bandung (ITB).
Jika banyak mahasiswa turun ke jalan berdemonstrasi memprotes pemerintah Orde Baru, Pidi memilih jalur kesenian dengan mendirikan band The Panas dalam. Sebagai bentuk protes yang unik, mereka juga membuat negara fiktif.



"Kebanyakan mahasiswa yang menyandang koboy kampus adalah penduduk The Panas Dalam yang pada tahun 1995 didirikan sebagai negara," urai Pidi Baiq dalam kenangannya .
sebenarnya naskah dari  film Koboy
Kampus sudah ada sejak awal tahun 2013. Bahkan ide cerita dari Koboy Kampus telah lebih dulu ada dibandingkan dengan cerita sekuel novel Dilan.




Naskah tersebut terselip dalam wawancara salah satu peneliti dari Jepang terkait pendirian negara The Panas dalam. Wawancara tersebut kemudian dikemas dalam film dokumenter yang dibuat oleh penulis naskah Koboy Kampus, Tubagus Deddy.
 "Awal tahun saya dengan Pidi Baiq membuat dokumenter tentang The Panasdalam. Film dokumenter itu sampai sekarang tidak pernah dipublikasikan. Jadi sebenarnya naskah sudah ada sejak tahun 2013," ujar Deddy. 



Film kerjasama 69 Production dengan MNC Pictures ini tidak lepas dari The Panasdalam bank, sebuah band asal bandung yang tidak mau disebut sebagai band.
Banyak artis yang terlibat dalam film ini ada muka-muka lama dan ada bule juga loh, Jason Ranti,Bisma karisma, Ricky Harun, David John Schapp, Miqdad Addausy, Steffi zamora, vienny JKT 48,Christina colodam, Danilla Riyadi, Jennifer lepas dan Anfa Safitri.



Kampus adalah kampusmu, tetap yang terbaik. Orang-orang harus tahu semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan” sebuah quotes dari Pidi Baiq yang menggambarkan kisah Koboy kampus yang siap mengocok perut kalian lewat candaan dan sindiran di era 90an.



Film Koboy Kampus akan tayang di Bioskop 25 Juli 2019, jadi jangan lewatkan ya khususnya bagi kalian anak ITB dan kalian anak kuliahan  umumnya karna ini film yang menceritakan sejarah para mahasiswa seni di balik tembok kampus. Jangan kaget kalau jauh dari ekspektasi di jamin kocak abis menghibur lah , jangan lupa ya !!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

LIBURAN SERU NAIK MOLA MOLA JET SPINNERS

Assalamu'alaikum ... Haii bunda apa kabar ny ni sudah masuk bulan Desember Lo . Bulan di mana kita memasuki musim hujan trus Ada ...