Minggu, 24 Maret 2019

JANGAN TAKUT BERBAGI BERSAMA DOMPET DHUAFA




Assalamualaikum... Alhamdulillah ketemu lagi bersama tulisan saya tentang  pembinaan Dompet Dhuafa , sudah beberapa kali saya di ajak mengunjungi tempat tempat yang menjadi binaan Dompet Dhuafa di beberapa tempat di sekitaran pulau Jawa ini . Dari mulai perikanan , perkebunan, pertenakan hingga pendidikan serta kesehatan  dan ternyata Masih ada lagi wilayah binaan yang sedang di jalankan  oleh Dompet Dhuafa  . 



Selain bertujuan sosial dengan memberikan umpan  tapi ternyata Dompet Dhuafa berusaha untuk memberikan kail  kepada masyarakat agar bisa memancing sendiri dan menikmati hasilnya demi kesejahteraan mereka sendiri .



Menjelang Ramadhan ini Dompet Dhuafa mengusung tema “Jangan Takut Berbagi” sebagai tagline
menyambut Ramadhan 1440H yang sebentar lagi akan datang. Semangat berbagi terhadap mereka yang membutuhkan menjadi esensi kuat bagi Dompet Dhuafa dalam mengajak masyarakat terlibat dalam berbagai aksi kebaikan.



Oh ya pernah tidak sii kalian ragu , khawatir bahkan takut untuk berbagi kepada orang lain . Atau takut kalau nanti berbagi akan merasa kurang bahkan sampai habis apa yang kita miliki , maka itu #jangantakutberbagi .



Percaya deh dan yakin dengan berbagi sekecil apapun kelak akan terasa besar bahkan bisa sangat berguna bagi orang lain .  Bisa kita bayangkan jika dunia ini di penuhi oleh orang orang yang senang berbagi . Akan banyak kebahagiaan  di sekitar kita bahkan mungkin di muka bumi ini , karena bahagia itu tercipta bukan hanya saat kita menerima tapi juga saat kita berbagi.




Seperti halnya bagi  Alm. Bapak. Amir Batubara  yang mewakafkan lahan nya untuk di jadikan sekolah ketrampilan bagi para pemuda yang ingin mandiri tapi tidak mempunyai biaya .
Di sini lah saya hadir di kamis 21 Maret 2019 di acara PRESS BRIEFING #jangantakutberbagi yang bertempat di INSTITUT KEMANDIRIAN Dompet Dhuafa di daerah Karawaci Tangerang.



Sekolah yang saat ini menjadi Institut Kemandirian  dimana disini menjadi  sebuah institusi yang
Berawal dari  ikhtiar sepasang suami istri Alm. Prof. Drs. Amir Radjab Batubara dan Istri saat masih aktif
bekerja, beliau selalu meluangkan waktu akhir pekannya untuk memberikan pengajaran pada anak-anak yatim dan dhuafa di rumahnya. 



Ketika berkunjung ke daerah-daerah, beliau selalu meminta seseorang
untuk mencarikan anak yatim yang bisa dibantu. Sudah tidak terhitung jumlahnya anak-anak yatim yang
beliau sekolahkan dan diberikan biaya hidup. Amir Radjab Batubara juga dikenal sebagai sosok guru.
Beliau merupakan bapak dari anak-anak dhuafa.



Beberapa tahun lalu mereka memiliki gedung dan lahan di daerah Karawaci, Tangerang. Lahan
tersebut kemudian diwakafkan melalui Dompet Dhuafa oleh keluarganya. Di sana berdiri Institut
Kemandirian sebagai wujud cintanya kepada kaum dhuafa yang didedikasikan dalam bentuk pendidikan keterampilan (vocational training) bagi kaum dhuafa. 



Berbagai pelatihan keterampilan kerja untuk kaum muda dari kalangan pengangguran dan dhuafa.
Didirikan pada tanggal 23 Mei 2005 oleh Dompet Dhuafa untuk membantu mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan melalui pelatihan otomotif, bisnis dan marketing.
Ada pun Programnya  antara lain:
1. Pelatihan mengemudi
2. Pelatihan salon muslimah 




3.PelatihanKewirausahaan
4. Pelatihan teknisi sepeda motor




5. Pelatihan teknisi handphone
6. Pelatihan menjahit busana (fashion)
7. Pelatihan komputer & desain grafis








Institut Kemandirian hadir sebagai solusi bagi remaja- remaja dhuafa yang selama ini belum banyak tersentuh bantuan dan program-program kemanusiaan.
Padahal remaja merupakan salah satu agen perubahan yang mana di tangannya estafet kepemimpinan
bertumpu.



Selain program-program
pelatihan reguler, Institut Kemandirian juga melaksanakan program-program kerjasama dengan pihak mitra. Untuk mewujudkan kemandirian yang diinginkan, inilah semangat berbagi yang kami maknai dan terkandung dalam “Jangan Takut Berbagi”.



Melihat animo masyarakat yang semakin bertambah terhadap dunia kewirausahaan menjadi
peluang tersendiri lagi Institut Kemandirian untuk mencetak wirausaha dari kalangan dhuafa.



Ingin tahu lebih lanjut, bisa lihat di http://institutkemandirian.org/
Gedung Wardah, Jl. Zaitun Raya, Komp. Perum Villa Ilhami/Islamic Village, Karawaci – Tangerang,Telp: 021-5463 118 Fax: 021-5463 118 .



TENTANG DOMPET DHUAFA

Sekilas tentang dompet dhuafa  adalah ...
Lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan
melalui kegiatan filantropis (welas asih) dengan wirausaha sosial profetik (prophetic socio technopreneurship).




Sebagai contoh saat Dompet Dhuafa dipertemukan dengan Dani, Ia tergabung dalam Komunitas
Kelompok Usaha Bersama Penyandang Disabilitas (Kubependa) yang juga atlet panahan peraih medali emas pada Pekan Pralimpiade Daerah (Peparda) Jawa Barat 2018. Sejak Februari lalu hingga April 2019,
Dani mendapatkan pelatihan kemandirian dengan skill yang ia pelajari di Institut Kemandirian.



Uniknya , Dani lebih memilih bidang reparasi handphone untuk dipelajari disana. Bidang yang sama sekali belum pernah ia kenal sebelumnya. Baginya, tidak ada batasan untuk belajar. Jika bisa, ia juga ingin mengajak teman-teman sesama penyandang disabilitas. Ilmu yang ia dapat dari Institut Kemandirian sangat berguna bagi dirinya.



Bersama para blogger yang hadir Dompet Dhuafa berharap bisa  mengajak semua kalangan masyarakat di Indonesia untuk menebarkan semangat Jangan Takut Berbagi dan bergandeng tangan wujudkan kemandirian di bulan suci nanti.


1 komentar:

  1. informasi yg berguna.. semoga bergina untuk orang banyak

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

APARTHOUSE PURI KEMANG RUMAH HUNIAN MODERN DI TENGAH KOTA

Pagi ... assalamualaikum  bunda cantik , ketemu lagi ni dengan tulisan saya dan kali ini saya ingin membahas tentang hunian rumah...