Selasa, 19 Maret 2019

IAM TRULY WOMAN CEGAH KANKER SERVIKS




IAm truly woman yaitu ketika perempuan Indonesia sehat , aktif dan produktif. Luna Maya



Ya betul sehat itu mahal dan para kaum perempuan harus sehat untuk bisa aktif dalam  menjaga diri sendiri untuk  mengurus  keluarga nya dan menjadi  produktif .




Masih dalam rangkaian kegiatan pameran foto #IAmtrulywoman yang di luncurkan pada 8 Maret 2019 , KOALISI INDONESIA CEGAH KANKER SERVIKS ( KICKS ) dalam upaya nya untuk  mengajak masyarakat Indonesia, khusus nya perempuan untuk tergerak dan melindungi d iri mereka dari kanker serviks dengan melakukan vaksinasi.



Berdasarkan Data GLOBOCAN 2018; menunjukkan Kematian akibat kanker serviks mencapai 18.278 pertahun , artinya sebanyak 59 perempuan Indonesia meninggal setiap hari nya karena kanker serviks.




Kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif dan dari keseluruhan kasus kanker serviks banyak yang di temukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70% sudah stadium lanjut . Pada kondisi ini pengobatan menjadi lebih sulit , lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun .



Jujur ni sebagai perempuan yang awam dan minus pengetahuan kesehatan , apa si kanker serviks ??
Yuuk kita kupas tentang penyakit ini yang katanya menjadi salah satu penyakit penyebab kematian .
Dan yang katanya lagi walau matikan tapi dapat di cegah Lo ... Kok bisa ya !!




TENTANG KANKER SERVIKS

kanker serviks adalah kanker yang terjadi di daerah serviks (leher rahim) yaitu bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim dan vagina .
Karena fungsi, lokasi dan sifat selnya , serviks rentan terhadap infeksi Human Pappilloma Virus .


Human Pappilloma Virus (HPV) adalah  sekelompok virus yang dapat menyebabkan kanker serviks, kanker vagina , kanker anus , kanker penis , kanker mut dan tenggorokan, penyakit terkait kelamin lainnya .



SIAPA YANG BERESIKO TERINFEKSI HPV

8 dari 10 orang pria dan wanita di perkirakan akan terinfeksi HPV selama hidup mereka .
Siapapun beresiko terinfeksi HPV karena HPV adalah virus yang mudah menular, cukup sekali kontak untuk terinfeksi HPV.


Cinta Laura saat di vaksin HPV


Penularan HPV dapat terjadi melalui rute seksual dan non seksual ( jari/kontak kulit ke kulit, alat medis ataupun dari ibu ke bayi yang baru lahir )



Nah bagaimana sudah paham belum tentang kanker serviks ini , maka dari itu sebagai  perempuan Indonesia mari  segera melindungi diri dari kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV dan deteksi dini  karena pencegahan lebih baik dari mengobati .



Merespon kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan KICKS berinisiatif melakukan pemberian vaksinasi HPV kepada dua selebriti perempuan Indonesia , yaitu CINTA LAURA dan YUKI KATO sebagai contoh dalam misinya mengajak perempuan Indonesia melakukan upaya deteksi dini .




BAGAIMANA MELINDUNGI DIRI DARI KANKER SERVIKS

Di dunia setiap 2 menit seorang wanita meninggal karena kanker serviks , setiap harinya tiap 1 jam seorang wanita Indonesia meninggal karena kanker serviks.


Dengan skrining kelainan pada serviks dapat di deteksi lebih awal,  karena Pada Stadium awal tidak ada gejala .
Kanker serviks satu satu nya kanker yang jelas asalnya dari mana yaitu dari virus HPV. 



Maka kanker serviks pencegahannya harus dengan vaksin HPV .
Pemberian vaksinasi HPV kepada Cinta Laura dan Yuki Kato ini sendiri dilakukan di dalam area Pameran foto #IAmTrulyWoman yang digagas oleh KICKS berkolaborasi dengan Diera Bachir dan didukung penuh oleh Plaza Indonesia.



Mencegah lebih baik daripada mengobati...
Tanyakan ke dokter anda sekarang bahwa kanker serviks mematikan tapi dapat di cegah !




20 komentar:

  1. Dengan adanya vaksin dan kita melakukan suntik vaksin maka kita bisa terhindar dari kanker serviks dan terus produktif dalam karya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mpo dengan sehat kita bisa menghasilkan apa saja

      Hapus
  2. Jadi makin sadar buat jaga pola hidup sehari hari, serem kl udah dgr ttg penyakit kanker serviks, mencegah lebih baik drpd mengobati ya ..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kanker emang penyakit mematikan dan kudu kita berantas!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. nah ini memang bener mesti peduli banget dengan kanker

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah tahun lalu udah vaksin, mencegah selalu lebih baik ya mak daripada mengobati

    BalasHapus
  7. Ngomongin soal kanker agak ngeri sekali sih ya moms.. Semoga kita selalu diberi kesehatan yaaa aminnn

    BalasHapus
  8. MashaAllah~
    Yang kasihan itu dari Ibu ke Bayi yaa...
    Berasa menurunkan sesuatu yang buruk...hikks~
    Semoga dengan vaksin bisa dicegah dengan masif.

    BalasHapus
  9. Ya Allah, jadi merinding lagi nih bacanya.. udah dari beberapa tahun lalu rencana pengen vaksin juga tp selalu menunda dan menunda sampai sekarang..hiks.. tp makasih ya mbak udah diingatkan lagi..semoga tahun ini terwujud bisa vaksin.. Aamiin

    BalasHapus
  10. Miris y mba takut klo udah ngomongin kanker untungnya skarang Ada pncegajan melalu valsin y jd gk khawatir bngt

    BalasHapus
  11. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya Mak, penting bgt menjaga pola makan dan gaya hidup sehat dan jg vaksin untuk mencegahnya

    BalasHapus
  12. Ya Allah semoga kita semua terlindungi dati kanker hang berbahaya aamiin.

    BalasHapus
  13. Anak2 perempuan usia SD sdh kemarin vaksin waktu ada peruntukkannya dari puskesmas. Tinggal ibuknya yang belum...

    BalasHapus
  14. kalau ngomongin kanker serviks aku jadi ngeri. Tapi sampai sekarang belum pernah vaksin

    BalasHapus
  15. Saya ko kalau dengar tentang kanker tuh suka ngeri YA
    Apalagi untuk kaum perempuan, udah pernah denger sih soal pemberian vaksinasi HPV. Mau cari tahu lagi infonya lebih banyak

    BalasHapus
  16. Semoga para wanita di Indonesia bisa lebih sehat semuanya, yuk mulai perhatikan dengan kesehatan diri

    BalasHapus
  17. Semoga kita dijauhkan dari penyakit2 seperti ini yah, maka harus di cegah dengan vaksin emang.

    BalasHapus
  18. Semoga kita senantiasa bisa mnejaga kesehatan daerah kewanitaan, supaya terhindar dari penyakit2 di atas ya mba. Dan jg menjaga gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  19. lawan kanker.. dengan cara hidup sehat dan semangat..

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

MENULISLAH UNTUK MENJADI MANUSIA YANG LEBIH BAIK

Masih dalam ajang kegiatan Gramedia Writers And Rider Forum dan sudah di hari ke tiga . "Rentang usia, wilayah, dan latarbel...