Selasa, 25 Desember 2018

SAYA BERANI SAYA SEHAT HIV BISA DISEMBUHKAN




Penyesalan memang selalu datang belakangan 
Itu yang dirasa oleh Mas wesly seorang mantan pemakai narkoba menceritakan kisahnya bagaimana asal mula beliau mencoba memakai barang haram itu hingga kini beliau sadar dan berusaha bangkit , ingin sehat dan tetap hidup.



Bukan hal yang mudah baginya untuk sadar dan bangkit , butuh perjuangan dan kesabaran serta tekad dari diri sendiri . Sempat putus asa karena apa yang di niatkannya tidak di dukung oleh keluarga , sedih yaa... Disaat ingin berubah tidak mendapat dukungan dari keluarga.



Bersama rekan Blogger kesehatan saya mendengarkan kisah Mas wesly yang hadir di acara yang di adakan oleh Kementerian kesehatan bersama gerakan masyarakat sehat.
Dengan slogan "SAYA BERANI SAYA
SEHAT " Kementerian Kesehatan RI  bersama Gerakan Masyarakat Sehat  Memperingati HARI AIDS SEDUNIA pada tanggal 1 Desember 2018.




Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Narkotik Klas IIA, Cipinang, Jakarta, acara peringatan tersebut dilangsungkan dengan dihadiri para pembicara yang berkompeten di bidang kesehatan di antaranya yaitu ...
1. Bapak Asep Sutandar, A..Md Ip, S.Sos., M.Si, selaku Kalapas Cipinang
2.  Direktur Perawatan Kesehatan, Lilik Sujandi Bclp, SIP, MSI,
3. Dr Yusman Akbar H Koordinator dokter lapas
4. Mas Wesley selaku mantan penderita ODHA
5.  dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan



Dalam sambutannya, Bapak Asep Sutandar, A..Md Ip, S.Sos., M.Si, selaku Kalapas menyampaikan bahwa Lapas Klas IIA Cipinang, dihuni oleh warga binaan terkait Narkotika .
Menjelaskan akan keadaan bahwa "Lapas narkotika saat ini kapasitasnya sudah over. Dari sekitar 1084 daya tampung, saat ini ada sekitar 2453 penghuni dengan fasilitas yang masih kurang maksimal dan tidak memadai.




Atas hal tersebut tentunya  kapasitas yang ada tidak mencukupi. Namun begitu, Lapas Klas IIA Cipinang terus berupaya memberikan yang terbaik dengan skrining, pelayanan, dan pengobatan agar warga binaan yang terinfeksi HIV dapat lekas ditangani dengan cepat.



Seperti kita semua ketahui bahwa bahaya penyakit HIV AIDS rentan terhadap para pecandu narkoba. Oleh sebab itulah Lapas Klas IIA Cipinang merasa perlu mengadakan temu Blogger dan Media guna menyebarkan berita yang benar akan bahaya HIV AIDS kepada para pecandu narkoba diluar sana. Karena sudah menjadi bukti  bahwa banyak para narapidana narkotika yang sudah positif terkena HIV AIDS.




Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2018  Ini dapat  menjadi motivasi bukan hanya kami tapi juga  semua pihak untuk dapat terus lebih meningkatkan Layanan Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Khususnya yang terinfeksi Virus HIV – AIDS.
Di sini dr. Wiendra  menjelaskan bahwa saat ini masyarakat tidak perlu khawatir akan penyakit HIV ini karena saat ini sudah ada obatnya .



Karena HIV AIDS merupakan penyakit kronis yang dapat dikelola seperti Hipertensi dan Diabetes. Jadi jangan putus asa jika terdiagnosa terkena HIV AIDS, karena seseorang yang terkena HIV AIDS bukanlah akhir dari segalanya. Mulailah dengan kehidupan baru yang lebih sehat dan bermanfaat. Penderita HIV AIDS harus tetap bersemangat, dengan bersemangat penyakit akan bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri.




Cara penularannya pun terbatas , jangan khawatir kalau kita tidak melakukannya . Virus HIV tidak mudah  menular hanya bisa terjadi jika ...
- Hubungan seksual
- Berbagi jarum suntik
- Produk darah dan organ tubuhnya
- Ibu hamil yang positif HIV menularkan ke bayinya .



Dan yang tidak menularkan bisa melalui beberapa hal , yaitu ...
- Ciuman
- Pelukan
- Penggunaan WC bersama
- Bersentuhan
- Alat makan
- Gigitan nyamuk
- Tinggal serumah



Yang paling berat adalah pada masa penyembuhan , butuh keyakinan diri dan dorongan dari orang-orang sekitar nya .
Dengan slogan tagar #AdaObatAdaJalan  berharap makin memotivasi para OdHa untuk melakukan penyembuhan buat dirinya .
"Sudah ada obatnya yaitu ARV," terang dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan.




Kemauan minum obat ARV adalah pembuka peluang atau jalan agar bisa  hidup sehat seperti kebanyakan orang pada umumnya . Bisa melakukan aktivitas yang sama dengan orang lain bahkan bisa ikut melakukan hal hal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar .



INFEKSI HIV DAPAT DI DETEKSI DENGAN TES HIV

Berharap para narapidana ini bisa menjadi contoh buat yang lain bahwa lapas dan rutan menjadi inspirasi masyarakat bahwa para OdHa dan yang bukan bisa berjalan bersama.
Lapas narkotika telah menjadi satelit karena mampu mengobati dan menekan akan penyebaran HIV hingga  ke kematian.



Dari awal tahun 2008  hingga kini Angka kematian makin menurun  drastis , suatu kebanggan yang patut kita dukung bersama .
Yuuk Tes HIV
Cegahlah HIV dengan cara
* Tidak melakukan hubungan seksual beresiko dengan berganti ganti pasangan
*  Mengikuti program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak
*  Skrining darah  donor dan organ tubuh
*  Tidak menggunakan narkoba
*  Menerapkan kewaspadaan standar ( bagi petugas kesehatan )




Tetap terus dukung para ODha untuk tetap meminum obat nya hingga sembuh . Karena akan ada banyak faktor yang akan membuat penderita merasa lelah dan berhenti berobat .

SAYA BERANI  untuk melakukan tes HIV , SAYA SEHAT karena saya minum obat dengan teratur !!!


13 komentar:

  1. Ini yang biasanya terjadi di masyarakat kita. Saat seseorang mulai menunjukkan perbaikan ke arah yang lebih baik, masyarakat tidak memberikan dukungan. Bahkan keluarga juga bisa melakukan ini. Padahal dukungan dari keluarga terdekat sangat membantu kesembuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba batin seseorang sngt membantu kesembuhan , Kla dia tertekan bakal balik LG

      Hapus
  2. Salah paham seputar penularan HIV ini hingga kini masih lanjut ya, Mba. Perlu sosialisasi lebih gencar, dan kita yang aktif di dunia maya bisa ikut aktif terlibat. Bukan hendak membenarkan sejumlah perilaku yang mungkin memang mempermudah penularan, melainkan untuk merangkul agar semakin baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merangkul aga r jangan patah semangat , bangkit untuk lebih baik lg

      Hapus
    2. Merangkul aga r mereka bisa bangkit untuk keluar dr jerat narkoba

      Hapus
    3. Merangkul memperbaiki agar menjadi baik

      Hapus
  3. Pemahaman tentang HIV memang harus terus menerus digalakkan ya Mba? Agar masyarakat paham. Meskipun tak ada keluarga yang tertular.

    BalasHapus
  4. Tidak mudah memang memberi motivasi pada mereka yg sudah terlanjur mengidap, namun demikian tetap harus diberi dukungan untuk mau minum obat, bukan demi dirinya saja namun juga kesehatan seluruh rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  5. Duh ini anak muda harus banyak tau soal ginian. penting banget pokonya. si penderita juga harus paham supaya bisa selalu termotivasi untuk mau sembuh

    BalasHapus
  6. Salut dengan semnagat para ODHA, tinggal kita yang musti dukung mereka untuk kesembuhannya dan tidak mengucilkannya. Karena #adaobatadajalan

    BalasHapus
  7. ALhamdulillah ya udah ada obatnya
    Yg penting pencegahannya
    Semoga kita smua terhindar yaa
    Dan yg sdh terjanhkit bs bangkit dan pulih kembali

    BalasHapus
  8. Sampe saat ini, blum banyak yg bisa nerima ODHA, n ODHA dikucilkan krn takut ketularan. Padahal justru approval dari lingkungan bisa bikin ODHA semangat, mau minum obat, n berubah k arah yg lebih baik

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

TEMAN TREASURY; SKALA PRIORITAS ARUS KAS YANG SEHAT

Jujur ...aku tuh orangnya simple apa ada nya , ga mau repot kadang saking apa ada nya ga mau terlalu ngotot atau ngoyo  istilah jaw...