Selasa, 29 Mei 2018

Tenang Kuliah di Jawa Tetap Bisa Sering Pulang ke Sumatera Utara

Punya anak yang mulai beranjak dewasa bikin kaum ibu ketar ketir ya. Secara  keinginan mereka ingin maju pun sangat kuat. Ingin mandiri dalam mengejar cita cita dan akhirnya sekolah jauh dari rumah lah pilihannya.

Untung ada Media sosial yang mengajarkan banyak hal, jadi kaum ibu pun tidak jadi gundah gulana akan putra putrinya yang jauh di sana. Mau tau ga kenapa saya bisa begitu tenang, ni di sini ni dan karena ini.

foto:kyraandangieblog.blogspot.co.id

Uang kiriman dari orangtua mepet sementara biaya hidup di Jawa makin mahal dan membuatmu harus mengencangkan ikat pinggang? Tenang, bukan kamu satu-satunya mahasiswa rantau yang mengalami hal ini.

Khususnya para mahasiswa dari Sumatra Utara, yang jaraknya dari Pulau Jawa cukup jauh. Jadi nggak bisa seenaknya sering pulang ke rumah ketika uang saku habis. Yang ketika hal ini terjadi, artinya justru harus puasa sembari menunggu kiriman transferan masuk ke rekening.

Tapi sebenarnya ada cara agar kamu bisa tetap nyaman tinggal di Jawa meski kiriman dari orangtua di Sumatra Utara pas banget buat hidup satu bulan. Dengan trik ini, kamu juga bisa sering pulang, nggak sampai jadi anak yang lupa rumah.

Tak perlu kost mahal, yang penting nyaman


foto:kostputrivmmserpong.blogspot.com

Biaya yang paling besar selama tinggal jauh dari orangtua adalah kost atau tempat tinggal. Pilihlah kost yang nyaman dan harganya terjangkau. Tidak perlu mewah, yang penting bersih dan aman untuk ditinggali.

Dan sebisa mungkin pilih yang jaraknya paling dekat dengan kampus, sehingga kamu tak perlu membawa kendaraan pribadi untuk pergi kuliah. Gerakkan badanmu, andalkan kakimu untuk berangkat kuliah. Selain lebih hemat, kamu juga nggak perlu keluar biaya tambahan untuk beli BBM, biaya parkir dan ongkos perawatan kendaraan.

Manfaatkan asrama dari Pemda

foto:tabloidjubi.com

Dari hari ke hari, jumlah mahasiswa rantau dari Sumatra Utara yang kuliah di Jawa semakin mahal. Hal ini disadari oleh beberapa pemda dari kota-kota di Sumatra Utara yang kemudian membangun asrama yang bisa dihuni mahasiswa dengan harga terjangkau, atau bahkan kadang gratis.

Jika di kota kamu ada asrama ini, manfaatkan! Karena selain menghemat, tinggal dengan teman dari kota yang sama bisa jadi tempat berbagi keluh kesah selama kuliah dan kalian bisa saling membantu jika kesusahan.

Masak sendiri, lebih hemat loh

foto:yomasak.com


Makan di luar memang enak, tapi akan lebih hemat kalau kamu memasak sendiri atau patungan bareng teman. Selain lebih murah, masak sendiri juga membuatmu tetap sehat karena bahan makanannya jelas dan terjamin.

Eits, masak sendiri ini bukan berarti makan mie instan dan makanan serba instan ya. Pilihlah sayur dan makanan sehat, yang harganya nggak jauh beda dengan makanan instan, tetapi lebih sehat.

Rajinlah menabung

sumber:fool.com

Menabung adalah hal wajib agar hidupmu selama kuliah di Jawa tetap nyaman. Jika mendapatkan kiriman, jangan lupa disisihkan sebagai dana darurat jika terjadi hal tak diinginkan.

Kalau ada waktu senggang, jangan segan mencari penghasilan tambahan untuk mengisi tabungan atau jika cukup, tak perlu lagi minta kiriman dari orangtua di rumah.

Pulkam nggak harus naik pesawat, naik bus lebih hemat

foto:@shdtama_

Hanya punya tabungan sedikit tapi sudah kangen rumah? Nggak perlu risau karena Jawa – Sumatra nggak hanya bisa ditempuh dengan pesawat. Bus ALS bisa jadi pilihan teman perjalanan pulang ke Sumatra Utara, dengan banyak pilihan rute dari Pulau Jawa.

Dengan biaya yang lebih murah, naik bus ALS ke Sumatra Utara tetap nyaman. Beli tiketnya pun segampang pesawat, karena kamu bisa mencarinya di Traveloka. Cukup dengan aplikasi di ponsel, beli tiket bus ALS bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Selamat berjuang, wahai mahasiswa rantau. Jangan lupa pulang ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

ISTIQOMAH DI MILAD4 BLOGGER MUSLIMAH

Assalamualaikum ... Wah pagi pagi saya sudah rapih ni hari ini Minggu 9 Desember 2018 , mau kemana Bu  ...kata anak saya  . Ibu mau ...