Rabu, 09 Mei 2018

KULINER INDONESIA SEBUAH TAKDIR KEJAYAAN





Selamat siang ...
Tak terasa ya tinggal berapa hari lagi sudah masuk bulan ramadhan , bulan pengampunan , bulan berkah bagi umat Islam .
Kebetulan hari ini saya di undang sebagai blogger ke sebuah acara yang temanya " makan enak " , lucu y . Siapa yang nolak coba ... la wong di ajak makan , yang enak pula .


Indonesia memiliki " jejak kejayaan" dalam tradisi makan , , konon  " jejak kejayaan"  ini bukan saja dalam tradisi " makan besar " tetapi juga dalam ungkapan yang khas yaitu " makan enak " .





Pas banget ni ...Hari ini Rabu, 9 Mei 2018 Bertempat di AMUZ Gourmet, salah satu French Fine Dining Restaurant yang ada di lantai 2 di Gedung The Energy di kawasan SCBD - Jakarta Selatan.saya bersama teman Blogger diundang oleh Kantor Duta Besar Amerika Serikat Urusan Pertanian dan Peka Consult untuk menghadiri "Delightful Ramadhan Culinary" - Kulinari Ramadhan yang Menyenangkan .


Memperkenalkan beragam olahan makanan Indonesia menjelang Ramadhan dengan menggunakan bahan baku dari Amerika. Ahaay makan - makan kita ....(hehehe)




Sajian kuliner Ramadhan merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan kedutaan besar Amerika bersama peka Consulting,Inc dalam semangat inovasi dan interaksi antar budaya dengan menampilkan sajian-sajian Ramadhan dengan bahan- bahan berkualitas , seperti kurma, jeruk, apel, kismis, blueberry, dan daging sapi dari Amerika.



Acara pun di mulai dengan sambutan oleh Bapak Christopher Rittgers yang merupakan Counselor Foreign Agricultural Service dari United States Department of Agriculture untuk Jakarta . Yang menjelaskan  serta berharap  olahan  makanan ramadhan dengan bahan dari Amerika tetap bisa di terima oleh kaum muslim di mana pun , bahkan oleh muslim seria pun .




Peka Consult sendiri adalah konsultan bisnis dan marketing berkedudukan di Jakarta. Mereka telah dipercaya untuk mendistribusikan dan memasarkan produk seperti Washington Apple, Kurma Medjool, USA Pears, Sunmaid.





Selanjutnya Managing Director dari Peka Consult, Inc. Bapak Kafi Kurnia mengatakan bahwa sudah menjadi hal yang umum, kalau Indonesia mengalami kesulitan untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia karena bukan karena tidak enak atau bagaimana tapi saking rumitnya dan beragamnya rasa, jenis dari masakan Indonesia.



Jadi ini merupakan satu tantangan beliau untuk terus menerus mempopulerkan dan bekerja sama dengan pihak Amerika contohnya untuk mendengungkan suatu gerakan berupa "Sajian Kuliner Indonesia - Sebuah Takdir Kejayaan". Bahkan beliau ini adalah founder dari Sembutopia.





Di sini kita bisa mencicipi hidangan berupa makanan berat, ringan, buah - buahan sertai cemilan yang dipastikan sehat dan bisa sampai nanti dikonsumsi sampai Ramadhan tiba. Kolaborasi antara masakan Indonesia di padu dengan bahan - bahan dari Amerika serta  cara masak yang baru di ciptakan .



Nah yuuuk ...kita intip dan cicipi apa yang di ciptakan oleh Chef Stefu Santoso kali ini dan apa jadinya aneka ragam makanan kali ini , ada kue lumpur khas Indonesia di padu dengan kismis dan dibuat dengan kentang khas Amerika , juga ada ketan yang di isi dengan daging khas Amerika , ada pula tuna bumbu gohu dengan hasil khas Amerika pula . Satu LG ada ikan yang dimasak dengan di bungkus garam yang di padu dengan sambal matha .





Intinya jadi acara kali ini merupakan rangkaian penyambutan Ramadhan. Bahwa Amerika Serikat juga punya satu perhatian juga terhadap masyarakat Indonesia yang mayoritasnya Muslim, yang sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa dan mereka punya banyak produk yang tetap bisa dinikmati sepanjang bulan suci itu.


Ada satu lagi produk yang diandalkan dan diperkenalkan di acara ini yaitu  Kurma yang tak berbiji (sebenarnya bijinya sudah dikeluarkan) sehingga tak menyulitkan bagi yang menikmatinya.
Kurma di acara ini menjadi semacam penjembatan dari semua makanan khas ramadhan , kurma  merupakan salah satu produk yang dibantu oleh Peka Consult, Inc, merupakan makanan sehat yang menjadi anjuran Sembutopia dan pasti akan ada menemani di hidangan jutaan masyarakat Muslim di Indonesia.






Makan enak ...itu harus menyenangkan, Menyehatkan dan pastinya Enak .Perpaduan dari Indonesia dan Amerika semoga bisa di terima oleh lidah masyarakat Indonesia sehingga tak ragu untuk disajikan menjelang dan selama bulan Ramadhan.


Terimakasih mba Dewi Nuryanti untuk undangannya hari ini .



21 komentar:

  1. Duh itu makanannya enak enak banget ya rasanya. Sate maranggi dan pudingnya nyammy. Iya ya Bu, ngga kerasa sdh mau Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sate makan satu tusuk aja nampil banget , gede2 potongannya

      Hapus
    2. Iya ni sate nya nampol banget potongannya gede2 banget

      Hapus
  2. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi beraneka rasa campur di mulut , nyummy laa pokoknya

      Hapus
  3. wah menggoda sekali itu makanannya mba.. bikin lapar disaat puasa. hihi

    BalasHapus
  4. Enak-enak banget makanannya. Jadi rekomendasi buat kulineran buka puasa nih

    BalasHapus
  5. duh jam segini baca kuliner Indonesia gini, ngeces deh

    BalasHapus
  6. Duh hidangannya bikin perut keruyukan, cocok buat bukber, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strategi jitu.menarik minat konsumen dgn menyajikan pilihan yg klop dgn kebutuhan.

      skrng masuk ramadan, tema menu pun menyesuaikan

      Hapus
  7. Makanannya lezat lezat sekali ya dan pastinya semua olahan yang terpenting adalah ada sertifikasi halalnya

    BalasHapus
  8. Kuliner Asli Indonesia selalu menggugah selera. Kekayaan budaya membuat makanan kita ngga bakalan abis deh untuk dicicipi. super sekali

    BalasHapus
  9. Kalo udah ngomongin kuliner, wah, Indonesia mah udah deh surga. Banyak macamnya, banyak bumbunya, banyak seni cara masaknya. Bangga deh jadi orang Indonesia mah, ya. :D

    BalasHapus
  10. Jadi ngilerrr pengen sate maranggi euyy,, menggoda banget yes.

    BalasHapus
  11. Perpaduan yang unik, ketika kuliner Indonesia menggunakan bahan-bahan dari Amerika ya Mba, rasanya bikin nagih.

    Tapi emang sih, kuliner Indonesia memang sangat kaya ya Mba, bahan-bahannya dan cara pengolahannya juga sangat macam-macam, sungguh salut dengan kuliner Indonesia.

    BalasHapus
  12. Penasaran ikan yang dibungkus garam. Soalnya selama ini seringnya nonton di drama2 yg temanya chef2 aja, kirain gak nyata, ternyata bisa beneran yaaaa. Btw iya kuliner Indonesia banyak banget yaaa... tapi rendang menonjol kok hehe

    BalasHapus
  13. Ikan yang dimasak dengan dibungkus garam? Itu jadinya kayak ikan asin gitu kah Mbak?

    BalasHapus
  14. Aduhhh jadi lapar kakak liat makanannya. Coba aku dibawain ya... kalau kuliner memang rajanya makanan ya. Kakak jangan kekenyangan ya nanti ga bisa pulang lho.

    BalasHapus
  15. Aiih kuliner Indonesia memang paling TOP dan paling nikmat, semua negara di dunia juga mengakuinya. Tinggal bagaimana masyarakat Indonesia membuat kuliner Indonesia lebih bermartabat dan memiliki nilai kejayaan.

    BalasHapus
  16. Kalau ngomongin Indonesia, kulinernya sungguh amat beragam. gak salah sih kalau dibilang bahwa kejayaan indonesia bersal dari pangannya

    BalasHapus
  17. waaaaah beragam menu ramadhan dengan bahan baku dari amerika? duuuuhhh, pasti jadi makin enak rasa makanannya yaaaa.. Jadi ngiler nih mau cobain jugaaa.. hihi

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

KREASI BENTO BERSAMA IBU

De'... Bangun !! Katany mo ikut ibu , ajaib hahaha anak laki laki qu ini tiba tiba langsung bangun , melek dari tidur nya . J...