Senin, 21 Mei 2018

Cinta Terencana Keluarga Berkualitas







Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga



Assalamualaikum guys...
Masih inget ga sama lagu ini sederhana tapi dalem  ya , lagu-lagu jaman dulu emang gitu  berasa sampai ke hati padahal itu kalo sekarang nama nya soundtrack sebuah sinetron . 
Sebuah sinetron gambaran satu keluarga sederhana dengan konflik konflik yang sederhana , masih ada ga ya keluarga seperti itu secara tahun sudah berubah konflik pun makin besar dan beragam .



Keluarga adalah segala nya bagi anak terhadap orang tua dan saudara demikian pula orang tua melakukan segalanya demi anak dan keluarganya.
Semua berawal dari keluarga , baik buruk nya seseorang berawal dari rumah . 



Percaya atau tidak bangsa yang besar di dukung oleh orang2 yang karena mendapat perhatian, bimbingan serta pendidikan dari dalam rumah bersama keluarga.
Maka dari itu pada hari ini Selasa 15 mei 2018 saya bersama rekan blogger mendapat undangan dari Blogger Plus community yang bekerjasama dengan BKKBN dalam acara kampanye yang bertema #CintaTerencana dalam rangka memperingati hari Keluarga Nasional  yang jatuh pada tanggal 29 Juni nanti .




Bertempat di Meseum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah , acara yang di isi oleh beberapa narasumber diantaranya ada ibu Eka Sulistya dari @BKKBNofficial , mba Resi dari Blogger Plus serta ibu Roslina seorang spikolog .



Talkshow pertama di isi oleh  ibu Eka Sulistya dari BKKBN di mana beliau menjelaskan apa itu Keluarga .
Keluarga adalah saat kehidupan di mulai dan saat cinta tak pernah berakhir.
Dengan Cinta Terencana , kita akan mengetahui bahwa dengan  menciptakan cinta keluarga dengan  cinta terencana adalah tanggung jawab kita bersama .



Keluarga adalah unit terkecil dalam  masyarakat yg terdiri dari suami-istri atau suami -istri dan anaknya, ayah atau anaknya atau ibu dan anaknya.
Keluarga yg sehat jasmani, rohani, dan berkualitas dan dukungan lingkungan yg kondusif adalah fondasi terwujudnya negara yang maju,kuat dan tangguh.




Membangun keluarga sejatinya dimulai dari siklus hidup,sejak awal di nyatakan hamil , bayi, anak , remaja akhirnya dewasa .
Perencana keluarga tidak hanya sekedar rencana ingin menikah .



Menjalani kehidupan berkeluarga adalah  fase terbesar dalam hidup setiap orang karena berkeluarga menyatukan  dua individu yang berbeda , akan ada peran dan tugas yang melekat pada masing - Masing yang terkait dengan  posisinya sebagai suami - istri , ayah - ibu (orang tua) , dan menjamin terlaksananya fungsi keluarga agar memiliki ketahanan dan kesejahteraan sehingga terwujud keluarga yang berkualitas.



Cinta terencana untuk membangun keluarga terencana yang bertujuan menyegarkan kembali ingatan masyarakat Indonesia bahwa keluarga merupakan kekuatan utama dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan merencanakan masa depan yang gemilang .



Lirik Lagu Mars KB:
Keluarga Berencana sudah waktunya
Janganlah diragukan lagi
Keluarga Berencana besar maknanya
Untuk hari depan nan jaya
Putra putri yang sehat cerdas dan kuat
Kan menjadi harapan bangsa
Ayah ibu bahagia rukun raharja
Rumah tangga aman sentosa



Seperti program pemerintah bahwa usia pernikahan di atas usia 20 thn laa yang ideal .
Dan akan lebih mudah dapat menjalankan 8 Fungsi Keluarga jika menikah di usia yang tepat,  yaitu:
1. Fungsi agama,  pendidikan agama guru pertama dan utama adalah orang tua,  yang memang wajib mendidik anak-anaknya,
2. Fungsi sosial budaya,  memperkenalkan keragaman budaya adat saat Kartinian
3. Fungsi cinta dan kasih sayang, cinta dalam keluarga diawali cinta kepada orang tua , saudara kandung dan anggota keluarga lain 
4. Fungsi perlindungan, memberi perlindungan ayah kepada anaknya , saudara lelaki kepada saudara yang lebih muda
5. Fungsi Reproduksi,  lebih terbuka dalam hal mengenalkan kepada anak- anak tentang hal-hal  yang memang tabu agar mereka lebih paham .
6. Fungsi sosialisasi dan pendidikan,  di didik agar kita sopan dengan yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda dan bisa akrab dengan keluarga besar adalah orang tua juga sebagai keluarga inti, 
7. Fungsi ekonomi,  setelah menikah tentunya yang memberi nafkah lahir batin ya suami,  walau istri bekerja hanya untuk penghasilan tambahan rumah tangga.
8. Fungsi pelestarian lingkungan,   melakukan  penghijauan dengan menanam aneka tanaman di rumah,  baik untuk kebutuhan dapur seperti cabe, seledri, kunyit, lengkuas atau hanya sekedar penghias halaman rumah.






Tak terasa waktu terus berjalan , pembahasan kedua oleh mba Resi yang membahas tentang dunia Media Sosial yang sedang marak saat ini yaitu Konten Blog , ilmu yang berguna banget ni ....
Di jelaskan bagaimana tips membuat blog dan tulisan kita bisa di baca oleh pembaca , tekhnik menulis dalam blog .



Selanjutnya pembahasan oleh narasumber ke dua yaitu ibu Roslina selaku spikolog kali ini mbahas tentang KIAT MEMBANGUN KELUARGA SEHAT &TERENCANA , Masih seputar keluarga memang tema kita hari ini .  
yuuk mulai kita bahas tentang pemahaman akan keluarga.



Dengan semangat ibu Roslina berbagi pengetahuan nya tentang keluarga , di mulai dengan diskusi tentang keluarga lewat permainan kita di ajak untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar kegiatan keluarga , karena ada permainan pasti ada juaranya dan semua semangat .


Selesai games ny , kembali ke pembahasan   tentang keluarga terencana , mengenai prinsip Cinta Terencana yaitu ...
- Mencintai Diri sendiri
- Mencintai Pasangan 
- Mencintai Keluarga
- Mencintai Bangsa
- Mencintai Negara


Ada 4 Subtansi Genre yang harus di perhatikan pula dalam kehidupan berkeluarga dalam rangka gerakan kampanye #cintaterencana ini 
- kependudukan dan pembangunan keluarga 
- kesehatan reproduksi remaja
- Ketrampilan hidup / Skill
- Perencanaan kehidupan berkeluarga



Dalam kampanye #cintaterencana ini tercipta selogan penyemangat yaitu yang di sebut SALAM GENRE...Sehat...Cerdas...ceriaaaa
Serta  GENRE INDONESIA... Saat nya yang muda yang berencana .



Di harapkan para Generasi Muda sekarang bisa lebih paham dan peduli akan kehidupan masa depannya kelak , dengan membangun keluarga berkualitas menuju kehidupan yang lebih baik demi kemajuan bangsa dan negara tercinta .



15 komentar:

  1. Tentunya gak mudah ya mbak untuk membangun Keluarga, dibutuhkan persiapan yg benar2 matang dan terencana.

    BalasHapus
  2. Semoga kita semua menjadi keluarga Samawa ya mba, hingga maut memisahkan.

    BalasHapus
  3. Cadass.keluarga berencana dan terencana.sukses di keluarga, sukses di masyarakat dan sukses di negara juga bangsa

    BalasHapus
  4. Wah, pas banget ya mbk. cewe n cowok. Hehe

    BalasHapus
  5. Emak pasti hapal lagu mars. Pengerak pkk membantu masyarakat dalam mengikuti program pemerintah

    BalasHapus
  6. Wah betul juga, berkeluarga pastinya harus direncanakan dengan matang, bukan bermaksud berpikir negatif tetapi tentunya dengan perencanaan segalanya bisa lebih tertata ya Mba.

    BalasHapus
  7. Dengan cinta terencana semoga kita bisa menjadi keluarga yang harmonis ya hingga menua bersama

    BalasHapus
  8. Kalau pemerintah kan 2 anak yang terencana. Kalo saya 4 anak rencananya dan sudah terwujud hehe, alhamdulillah. Soalnya saya suka keluarga yang rame. Semoga lain-lainnya bisa direncanakan juga dengan baik.

    BalasHapus
  9. Cinta terencana awal dari keluarga bahagia dan berkualitas

    BalasHapus
  10. Cinta terencana dimulai dari cinta diri sendiri. Betul sekali, kalau tidak mencintai dirinya sendiri, bagaimana bisa mencintai orang lain?

    BalasHapus
  11. Yup cinta itu memang bisa direncanakan, yang gak bisa direncanakan adalah berjodoh dengan siap, karena jodoh adalah rahasiaNya.

    BalasHapus
  12. Cinta emang harus direncanakan, jangan cuma nikah krn cinta tapi tanpa rencana, ntr bisa bubyaaaarr hehe

    BalasHapus
  13. Dalam membangun suatu keluarga memangbperlu perencanaan yang matang, jangan asal punya predikat sudah beristri atau bersuami saja. Baik buruknya harus difikirkan juga ya. Ini pelajaran buat anak2 kita kelak.

    BalasHapus
  14. ah keluarga.. memang yang utama dari segala hal. mereka lah yg paling pertama bisa Menerim Kita apa adanya. mencintai dengan tulus

    BalasHapus
  15. cinta emang perlu perencanaan. jangan nikah gara2 ada sesuatu. bisa bubar jalan nanti

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

THK Menjawab Panggilan Jaman

Assalamualaikum ...pagii guys , kemana kita hari ini ??? Jalan jalan yuuk , kebetulan banget kan hari ini tanggal 7 Agustus 2018 s...