Selasa, 03 April 2018

PEREMPUAN PETANI INDONESIA




Berinvestasi pada perempuan  petani.
Mengapa kita perlu berinvestasi kepada perempuan  petani ...??



Inilah tema kita kali ini dalam acara  Ngobrol Santai bersama Tempo,  dalam upaya meningkatkan pemberdayaan  Perempuan petani indonesia disini Tempo bersama komunitas MILLENNIUM CHALANGE ACCOUNT -  INDONESIA  (MCA -  I) saling mendukung dalam mengentaskan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi.




Bertempat di resto bunga rampai menteng jakarta pusat hari  senin  26 maret 2018  kami para blogger di undang dalam pembahasan  mengenai  BERINVESTASI PADA PEREMPUAN PETANI, INDONESIA LEBIH BERDAYA SEJAHTERA.




Seperti pertanyaan saya di awal  adalah sangat penting meningkatkan  Investasi pada pemberdayaan perempuan petani sebab mereka memiliki potensi besar namun selama ini terhambat oleh rendahnya akses terhadap aset,  pelayanan publik dan proses pengambilan keputusan.



Mayoritas perempuan petani adalah buruh tani yang hidup di bawah garis kemiskinan,  sebab mereka di upah lebih rendah dari pada para petani laki-laki dengan waktu  dan beban kerja yang sama. Karena memang perempuan bukan di anggap sebagai pencari nafkah utama  yang di anggap hanya sekedar  bantu -  bantu para kaum lelaki sehingga selalu di bedakan.



Tentang MCA-INDONESIA
Adalah lembaga wali amanat di bawah bappenas yang bertujuan mengentaskan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi.
Bertindak sebagai lembaga pengelola tiga proyek utama yaitu, 
1.  Kemakmuran hijau
2.  Kesehatan dan gizi
3.  Modernisasi pengadaan


Di sinilah MCA indonesia berusaha membantu  para perempuan  petani  dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan ekonomi para kaum perempuan.  Dengan membuka akses kepada perempuan petani  terhadap pengetahuan  dan keterampilan  baru. Seperti kata Direktur Inklusi Sosial dan Gender MCA- Indonesia Dwi Rahayu " peningkatan ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya posisi perempuan  dalam rumah tangga - tetapi juga di tingkat komunitas".



Pemberdayaan  petani juga di jadikan fokus bagi CROWDE,  perusahaan rintisan yang menghadirkan platform terbuka  di mana  masyarakat dapat menanamkan investasi untuk membantu  permodalan  para petani.
Bersama,  MCA-Indonesia dan CROWDE  sepakat  bekerjasama dalam upaya membantu memberdayakan perempuan petani dalam wujud investasi gotong royong.


 
Agar perempuan petani lebih berdaya di buatlah beberapa proyek pemberdayaan  perempuan petani agar mereka lebih sejahtera dan berdaya. Di bentuklah komunitas atau kelompok Perempuan petani sebagai penerima manfaat .

22 komentar:

  1. aku mendukung sekali segala bentuk pemberdayaan perempuan. let's empower each other! salut sekali sama ibu2 petani yang bekerja keras demi keluarganya, semoga program yg dijalankan MCA-Indonesia dan CROWDE ini bener2 bisa berjalan dgn baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya... Biar petani lebih sejahtera

      Hapus
  2. Syarat mendapat bantuan dan manfaat apa aja ya? Soalnya saya juga perempuan petani nih. Di kampung saya awalnya perempuannya bekerja sebagai TKW. Terus karena moratorium dan dipulang-pulangkan kini perempuan kebanyakan kembali bertani.
    Semoga ada jalan untuk mendapatkan pemberdayaan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crowde itu semacam aplikasi mba... Bisa di buka dan coba

      Hapus
  3. Wah perlu didukung ini utk memajukan pertanian kita. Skrg banyaknya jadi TKW dan kerja kantoran di kota. Pdahal menjadi petani tuh lebih dibutuhkan siapapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih menghasilkan sesuatu ya hasilnya buat kita

      Hapus
  4. Perempuan petani dimanapun memang harus diberdayakan dengan apa yang ada di lingkungannya. Semoga apa yang dijalankan MCA-Indonesia & Crowde dapat lebih meningkatkan kesejahteraan perempuan tani Indonesia selain memberi manfaat melalui edukasi.

    BalasHapus
  5. Wah keren ini, ternyata pemberdayaan perempuan sudah lebih meluas hingga terbentuk komunitas MCA..

    BalasHapus
  6. Terima kasih pada MCA-Indonesia dan CROWDE yang telah berjuang untuk memberdayakan perempuan tani dengan 3 progamnya itu. Saya selalu support dengan orang orang yang bergerak dalam pemberdayaan perempuan. Semoga sukses programnya

    BalasHapus
  7. Menarik sekali program untuk pembedayaan perempuan dan petani ini. Sekaligus mampu mengakomodasi 2 kalangan yakni perempuan dan petani. Semoga peran komunitas juga terlihat dalam mendukung program ini dan menggerakkan masyarakat

    BalasHapus
  8. setuju nih sama programnya.. terimakasih MCA indonesia yang sudah berusaha membantu para perempuan petani dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan ekonomi para kaum perempuan..

    BalasHapus
  9. Miris ya mengetahui kenyataan petani wanita. Aku kira upahnya sama dengan petani laki-laki. Semoga program MCA ini bener-bener bikin para perempuan petani bertambah pengetahuan, ilmu, dan keterampilannya, ya. Supaya tarap hidup diri dan keluarganya bisa meningkat. Aamiin.

    BalasHapus
  10. Program Investasi pada Perempuan Petani seperti ini perlu diperjuangkan dan selalu dijaga agar terus bisa membantu para petani Indonesia, terutama perempuan-perempuan petani.

    BalasHapus
  11. Proyek pemberdayaan perempuan petani agar para perempuan petani bisa mengangkat taraf kehidupan mereka.

    BalasHapus
  12. Aku suka dengan ketangguhan dan kegigihan perempuan masa kini. Di sini aku jadi tahu bahwa ada perempuan petani. Tahun lalu aku meliput tentang perempuan nelayan. Semoga perempuan Indonesia semakin memberikan nilai positif bagi kemajuan bangsa

    BalasHapus
  13. nice info.. saya sebagai alumni pertanian mendukung ini.. negeri agraris yang entah kenapa tidak agraris... semangat perempuan petani

    BalasHapus
  14. Semoga masih banyak perempuan yang bertani. Pekerjaan ini kyknya makin lama makin ditinggalkan ya?
    Soalnya lahan jg makin sempit dna kdng suka dianggap kalau kerjaan ini kurang prestige. Tapi ada sih artis yang bertani sayur2an organik gtu,kyknya tinggal gmn mengubah mindset trus belajar teknologi pertanian. Saya apresiasi program2 kyk gini :D

    BalasHapus
  15. program pemberdayaan perempuan seperti ini memang bagus banget ya mba, support seperti ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat kita khususnya perempuan..

    BalasHapus
  16. perempuan memang superrrr sekali. aku dukung banget kegiatan kaya gini, semoga pertanian indonesia bisa semakin maju terus dengan banyaknya kegiatan yang seperyi ini..

    BalasHapus
  17. Hebat banget sih, perempuan tapi bisa jadi petani. Petani kan perkejaan yg lumayan berat. Makin salut sama perempuan indonesia

    BalasHapus
  18. semoga sukses nih, saya angkat topi dan support banget sama lembaga2 yg konsen sam pemberdayaan perempuan, daripada mereka jd tkw yg terkadang tidak bernasib baik di negeri orang..

    BalasHapus
  19. Agenda seperti ini harus diduking demi memajukan perempuan Indonesia. Daripada jauh2 ke luar negeri hanya untuk mendapat perlakuan yg tdk baik

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

ISTIQOMAH DI MILAD4 BLOGGER MUSLIMAH

Assalamualaikum ... Wah pagi pagi saya sudah rapih ni hari ini Minggu 9 Desember 2018 , mau kemana Bu  ...kata anak saya  . Ibu mau ...