Minggu, 15 April 2018

Kesalahan pola asuh gizi pada anak





Anak adalah harta paling berharga bagi semua orang tua,  siapa yang tidak ingin punya anak.

 
Dan siapa sii orang tua yang tidak bahagia dengan memiliki anak,  anak adalah sebuah karunia. Di sini laa kadang kita para orang tua terlalu sayang dan mengasihi  anaknya sehingga  suka  jadi agak berlebih di dalam menerapkan pola asuh kepada anak,  sang buah hati.


Terutama dalam hal pemenuhan gizi seringkali ibu tidak menyadari pola pengasuhan gizi yang keliru. Demi memenuhi kebutuhan  sang anak tentu para orang tua terutama kaum  Ibu pasti tidak ingin anaknya kekurangan dalam hal apa saja, terutama  dalam hal kebutuhan gizi sang anak.



Kebetulan  hari ini jumat 13 april 2018 yang bertempat  di Dailycious cafe di daerah gading serpong, saya bersama teman blogger mendapat undangan dari MBC (Mom Blogger Community)  untuk kumpul sharing bersama para ahli dalam hal penerapan pola asuh gizi yang sering di alami para ibu.



Acara yang mengangkat tema "Halodoc Blogger Gathering 5 KESALAHAN POLA  ASUH GIZI PADA ANAK"  yang di isi oleh narasumber dr.  Herlina, Sp. A dokter Spesialis  Anak yang berpraktek di RS Ciputra Citra Garden jakarta Barat.  Kita pun mulai pembahasan ini setelah  jeda makan siang karena memang dokter nya belum hadir.



Kadang... Walau para ibu sudah sangat memperhatikan  asupan gizi dan pola asuh dalam pemberian makanan kepada anak,  tetap saja  tampak masih kurang maksimal dan berdampak negatif bagi anak kita.



Berbekal dari kebiasaan turun menurun  terkadang ibu zaman sekarang tidak menyadari  bahwa pola pengasuhan gizi selama ini salah.  Di mulai dari pemberian makan pendamping ASI (MPASI) kepada si kecil yang sudah di berikan sebelum waktu nya.



Selain kumpul sharing hari ini kita juga di kenal kan dengan aplikasi www.halodoc.com sebuah aplikasi yang bertujuan memudahkan masyarakat terutama kaum ibu yang mungkin tidak sempat datang dan konsultasi ke dokter. Banyak informasi -  informasi seputar kesehatan yang bisa kita dapat di sini bahkan berbicara langsung dengan spesialis anak pun bisa dengan mudah di sini.



TENTANG HALODOC

Sambil menunggu kehadiran narasumber di mulailah acara dengan perkenalan  tentang halodoc,  yang di pandu oleh Blessy,  Manager Offline Marketing Halodoc.



HALODOC adalah start-up Indonesia  berupa aplikasi kesehatan layaknya kotak P3 berjalan yang selalu di genggam dengan memberikan kemudahan dalam menjaga dan memeriksa kesehatan seluruh anggota keluarga. 



Apa saja sii yang bisa di dapat di dalam aplikasi  halodoc ini ,  di antaranya....
* KONSULTASI LANGSUNG dengan dokter spesialis  melalui Voice atau Video call dan chat.
Tim medis Halodoc pun beragam dari dokter umum,  spesialis anak, internis hingga spesialis mata yang online 24 jam
* PHARMACY DELIVERY
Fitur layanan apotik antar 24 jam yang bebas biaya pengantaran. Sehingga para ibu bisa memesan langsung obat lewat layanan ini.
* LABS
Layanan pengecekan kesehatan yang bekerjasama dengan prodia,.  Layanan  ini memungkinkan petugas lab untuk datang ke rumah atau kantor dan melakukan pengecekan kesehatan seperti cek darah ataupun urine.



Nah... Giman ibu???  Dengan adanya aplikasi  ini makin memudahkan para ibu untuk lebih memperjelas tentang kebenaran bagaimana pola asuh gizi yang baik bagi anak- anak kita bukan. Karena memang saat ini wajib bagi kita untuk menyaring informasi untuk anak- anak  kita.



Dengan saran dari ahli medis serta tindakan yang benar saat menangani gizi  dalam masa pertumbuh kembangan anak sangat lah penting. Di sinilah dr. Herlina  narasumber kita kali ini yang juga merupakan salah satu tim medis halodoc,  mengatakan.



Bahwa ada beberapa kesalahan dalam pola asuh gizi pada anak yang seringkali keliru  di berikan oleh ibu,  sehingga adanya gangguan pertumbuhan dan kesehatan pada anak. Yaitu...
1. Memaksa anak untuk makan
Saat anak enggan makan jangan paksa  dengan makanan ini. Jangn membuatnya jadi terpaksa makin membuatnya tidak menyukai kegiatan (makan)  tersebut.
2. MPASI  sebelum 6bulan
Sebaiknya  anak sebelum 6 bulan di berikan ASI eksklusif dan bukan MPASI  karena pada masa itu pencernaannya belum sempurna,  yang malah akan menimbulkan reaksi  atau gangguan pencernaan.
3.  Makanan tidak sesuai usia
Camilan untuk anak dan orang dewasa itu  berbeda,  walaupun berupa buah atau jus  tetap saja harus sesuai porsinya. Maksimal  untuk anak setengah gelas jus dengan 100% buah dalam sehari.
4. Pemakaian DOT terlalu  lama
Pemakaian  dot terlalu lama bagi anak dapat berpengaruh buruk pada pembentukan struktur  rahang dan gigi si anak. Mengurangi penggunaan dot baiknya setelah usia anak lebih 6 bulan dan menghentikan nya sama sekali beberapa bulan sesudahnya.
5. Banyak makanan manis
Ternyata pemberian makanan yang manis sangat tidak di anjurkan karena menurut Badan kesehatan Dunia  (WHO)  kebutuhan gula harian untuk anak tidak boleh melebihi 10% dari total energi yang di konsumsi.
Hal ini untuk menghindari kelebihan energi dalam tubuh anak,  untuk anak uaia 1-3 thn 10% sama dengan 4-5 sendok teh gula sedangkan untuk  anak usia 4-6 tahun 10% sama dengna 5-8 sendok teh gula.
Pemberian makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan gigi rusak,  obesitas dan anak kehilangan nafsu makan.



Nah ibu... Bagaimana tentang paparan di atas sudah paham kah?? . Jika memang belum paham  mudah kok,  ibu bisa men downloud aplikasi halodoc di App. Store atau Google play dan mulai konsultasi dengan dokter spesialis  anak yang  Sudah siap memberikan saran dan menjawab pertanyaan ibu seputar pengasuhan gizi anak.



Jika memang  memiliki pertanyaan seputar kesehatan apa saja terutama tentang pengasuhan gizi yang baik jangan ragu untuk selalu menggunakan aplikasi halodoc untuk  bertanya  dan konsultasi.



Melalui kampanye #katadokterhalodoc ,  halodoc bukan sekedar aplikasi untuk menjalankan fungsi penyembuhan  tapi juga turut perduli  dan berharap  agar semua orang mulai  menjaga kesehatan diri.
Yang mana di sampaikan lewat pesan #sehatlebihmudah  bertujuan agar masyarakat  Indonesia  memiliki pengetahuan lebih dengan mudah menghubungi dokter.

16 komentar:

  1. Sekilas pernah dengar, dan baca ini jadi nambah tahu nih.
    Bermanfaat banget ya, Teh.. Meskipun ini khusus buat ibu, tapi aku baca biar tahu, kan nggak ada salahnya juga tahu. Bisa disahre..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga salah kok... Orang tua kan sepasang bkn ibu aja kaum pria atau ayah jg perlu tau dan membantu agar terlaksana nya pola asuh kpd ank. Boleh

      Hapus
  2. Perlu bgt jadi orang tua ikut seminar kesehatan gini y mbK. Jdi yg ga tahu bisa tahu dan diterapkan kepada anak.

    BalasHapus
  3. peran ibu dalam mengurus anak memang sangat penting, ech iya dengan adanya aplikasi halodoc bisa lebih mudah untuk konsultasi dengan dokter, bagus tuch aplikasinya

    BalasHapus
  4. Jadi tambah ilmu nih Mba. Terima kasih atas sharingnya.

    BalasHapus
  5. Mba, porsi jus yang dimaksud ini jus yang pakai blender (cenderung kental kalau karakter buahnya berdaging padat) atau betul-betul juice/sari buah yang diperas (misalnya menggunakan juicer)?

    BalasHapus
  6. Aplikasi baru ya mbak? Saya baru kali ini lihat aplikasinya dan kelihatannya sangat membantu.

    BalasHapus
  7. Aplikasinya berbayarkah mbak? Hihihi..ketahuan kalau Emak emak yaaa hahahaha

    BalasHapus
  8. aplikasinya sangat bermanfaat ya. makasi sharing2nya mba...

    BalasHapus
  9. Wah keren misi aplikasi halodoc ini. Selain untuk menjalankan fungsi penyembuhan tapi juga turut perduli dan berharap agar semua orang mulai menjaga kesehatan diri. Saluut!

    BalasHapus
  10. Makasii ilmunya mbaa. Btw aku adl pengguna setia Halodoc juga hihi abisnya enak banget app nya, memudahkan segala kebutuhan. #bukanendorse XD

    BalasHapus
  11. Wainii, enak kalau ada aplikasinya, tinggal klak klik aja ya

    BalasHapus
  12. Tips yang menarik nih buat ibu modern tentang kesalahan pola asuh gizi. Karena kebanyakan orang tua sekarang begitu kan. Semoga dengan baca ulasan ini semakin tercerahkan.

    BalasHapus
  13. Ini aplikasi wajib buat para ortu ya mbak. Serasa punya dokter pribadi yang ditanya2 pas anak2 lg drop kondisinya.

    BalasHapus
  14. Baru tau ada aplikasi kesehatan kayak gini, lumayan juga ya kita bisa langsung di HP kalau butuh info2 kesehatan.

    BalasHapus
  15. Tengkyu udah share. Anak2 sekarang sukanya makanan2 manis. Pas event hari anak2 aku dikasi tau kalo bocah sekarang pada obes. Tp konsultasi kan udah gampang y pake halodoc heuheu. Keren aplikasinya

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

STEP UP System Belajar Modern

Bingung  .. Hal pertama yang saya dapatkan ketika menerima undangan bersana teman Blogger untuk hadir di sebuah tempat di daerah B...