Jumat, 09 Februari 2018

ZONA MADINA KAWASAN UMKM






Tepat jam 8.00 pagi di depan masjid UIN saya bersama teman dari blogger hari ini sudah hadir, menunggu jemputan siap untuk menghadiri acara Launching  Daya Mart Dompet Dhuafa  yang berada dilokasi zona madina  parung  bogor.



DAYA MART ZONA MADINA, IKHTIAR PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS KAWASAN
Tema acara kita hari ini ,  ZONA MADINA BOGOR— tepat nya di daerah Jampang Parung Bogor. Daya Mart pertama kali berdiri di Padang, Sumatera Barat dan hadir ke wilayah-wilayah lainnya salah satunya di Parung. 





 Wilayah yang di kenal dengan nama  KAWASAN ZONA MADINA DOMPET DHUAFA , dimana terdapat beberapa tempat yang di peruntukan  untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Bertujuan untuk terus meningkatkan berbagai sektor usaha mikro yang sudah dikembangkan melalui program pemberdayaan Dompet Dhuafa di kawasan Zona Madina. Daya mart di dirikan  untuk  dapat membantu meningkatkan  produk-produk milik masyarakat untuk di sebarkan lagi ke masyarakat luas.



Program Daya Mart juga menempatkan masyarakat miskin sebagai penerima manfaat program. Karena selain membina para mustahik untuk belajar bisnis ritel, Daya Mart juga melakukan pembinaan terhadap warung atau kios yang berada di sekitar minimarket tersebut.



Daya mart merupakan sejenis mini market di mana di sini di berikan Pembinaan berupa manajemen dan modal usaha dalam bentuk suplai barang dengan harga yang lebih murah. Tujuannya agar bisa lebih membuat  masyarakat sekitar menjadi lebih mandiri  dalam menjalankan usahanya.



Hari ini tanggal 9 februari 2018 di resmikan berdirinya mini market yang di beri nama DAYA MART  oleh Bapak Iwan Ridwan sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise. Sekaligus simbolisasi pemberian kartu member dari Daya Mart  kepada para penerima  yang memang tidak semua orang bisa mendapatkannya.
Beliau mengatakan bahwa “Dayamart didirikan di Zona Madina  Parung untuk menjadi bagian dari model pengembangan dan penguatan ekonomi masjid di  kawasan klaster mandiri Dompet Dhuafa Parung  berbasis sosial bisnis ". Dimana nanti hasil dari keuntungannya didonasikan untuk program-program pemberdayaan dhuafa sekitar.



Selesai  acara utama  peresmian  Daya Mart kami pun di beri kesempatan  untuk melihat lihat isi daya mart sekaligus bisa berbelanja.   Ada beberapa  barang yang memang hasil dari UKM binaan DD,  tampak sudah mulai tertata di lihat dari kemasan dan pasti rasa pun tampak  tidak kalah saing dengan produk -  produk serupa yang di hasilkan oleh pabrik besar.



Target Dayamart adalah dapat memfasilitasi outlet untuk produk-produk UMKM atau home industri yg diproduksi kelompok mandiri dampingan Dompet Dhuafa di kawasan Zona Madina dan sekitarnya”.



Selanjutnya selesai makan siang dan sholat jumat karena memang hari ini  kebetulan  hari jumat kami pun di ajak untuk keliling sekitar wilayah jampang  untuk melihat  usaha - usaha mikro binaan DD yang sudah berjalan diantaranya kami di ajak melihat KAMPUNG ENGGLISH . Kami di sambut oleh Miss Nuy seorang relawan yang membantu di kampung engglish serta para pengajar dan peserta  pelatihan  di kampung  engglish, 
di sini seperti rumah singgah di mana di buka pelatihan Bhs inggris untuk masyarakat sekitar secara gratis.



Selain masyarakat sekitar ada juga dari luar daerah jampang  yang ingin belajar Bhas Inggris dan berbayar,  karena ada paket intensif sehari 3kali di sini pun di sediakan home stay yang memanfaatkan  rumah penduduk sekitar.



Karena saat itu hujan lumayan deras kami pun tidak bisa melihat PEMBUDIDAYAAN JAMUR yang juga di kelola oleh masyarakat sekitar dengan binaa dari DD,  bersebelahan dengan kampung engglish.  Perjalanan pun di lanjutkan menuju PEMBUDIDAYAAN IKAN HIAS masih di sekitaran  kawasan jampang yang di sebut Zona Madina. Di sini ada beberapa macam ikan hias yang di budidayakan diantaranya ikan mas koki,  ikan koi,  ikan cupang adapula ikan daging maksudny ikan yang untuk di konsumsi seperti ikan mujaer,  ikan  mas,  bahkan ikan lele  pemasarannya nya pun sudah sampai ke luar kota.





Zona Madina merupakan model pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi. Mulai dari program pendidikan, keagamaan hingga dalam hal bidang ekonomi. Bahkan di area komplek zona madina pun ada Rumah Sakit yang di beri nama RST... RUMAH SAKIT TERPADU yang memang di peruntukan bagi kaum dhuafa ,  Rumah Sakit ini  cukup lengkap dan besar serta gratis tidak berbayar.




Bertujuan untuk membentuk masyarakat yang berdaya berbasis potensi dan kearifan lokal. Semoga, dengan tumbuhnya jaringan kemitraan Dayamart dengan kios atau warung sekitar melalui penguatan sistem usaha yg profesional dan modern adalah bagian tekad penguatan ekonomi mikro masyarakat sekitar.


Selesai sudah perjalanan  kita hari ini,  walau di sela -  sela rintik hujan tidak menyurutkan langkah kami untuk melihat bagaimana kerja dari kelompok- kelompok binaan dari Dompet Dhuafa yang sangat bermanfaat bagi
 masyarakat Indonesia  umumnya. Di mana Dompet Dhuafa  telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial,  kesehatan , pendidikan,  ekonomi bahkan kebencanaan . 





24 komentar:

  1. Asik mak, ikan imut dan lucu kaya mpo. Rebutan ikan mas koki. Ane dpt yg orange, kalau emak dpt apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapet orange dua2 nya mpok... Dan semua ha bertahan lama hiks hiks

      Hapus
  2. Ih aku sedih, inget riski ridho. Huwaaaaaaa ToT.

    Ayo kapan2 kita ke sono lagi, Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuks... Tapi besok minta ikan yg agak dewasa y biar bisa bertahan hehehe

      Hapus
  3. Alhamdulillah aku selalu suka belanja di De fresh mbak, hampir sama dengan daya mart. Sama2 didirikan oleh dompet dhuafa. Karena belanja nominal brpapun, kita ikut mensejahterakan kaum dhuafa dan ikut memajukan program-program DD juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut membantu masyarakat sekitar jg ya

      Hapus
  4. Semoga Daya Mart buka cabang baru di lokasi lainnya di Jakarta

    BalasHapus
  5. Keren DD semakin berkembang dan maju, semoga ekonomi umat semakin maju juga.

    BalasHapus
  6. Wah konsep nya bagus sekali ... mampu mengakomodasi para UKM-UKM kecil supaya bisa lebih berkembang lagi. Keep it up!

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya DD sekarang ada mini marketnya juga sebagai hasil pemberdayaan umat di lingkungan sekitar. Semoga berkah, amiin.

    BalasHapus
  8. Semoga DD makin amanah ya dan bisa, menjadi wajah para UKM

    BalasHapus
  9. Sukses terus yah untuk DD yang semakin berkembang dan maju.

    BalasHapus
  10. sudah saatnya kita peduli kepada kaum dhuafa dan juga memberi dukungan kepada umkm Indonesia klo bukan kita siapa lagi yang akan mendukung mereka

    BalasHapus
  11. seru bangettttt, pada bawa ikan pulangnya... ahh dedek mauuu bunda
    sayangnya lokasinya jauh dari rumah huhu. kalo deket pengen deh belanja disana

    BalasHapus
  12. Semakin nyata y Kerja DD ada buktinya trus teansparan lagi buka minimart sekaligus mngajak kita sedekah

    BalasHapus
  13. Ikutan dong mba... aku belum pernah diajak ikut acara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuu... Nanti ya kalau ada event lg pasti d share

      Hapus
  14. Aku dapat cuma berhalangan hadir hihihi semoga next bisa ikutan ya ,, pengen tahu kaya apa minimarketnya.

    BalasHapus
  15. Positif bgt visi dan misinya, karena juga mengoptimalkan keatifan lokal serta memberdayakan masyrakat sekitarnya

    BalasHapus
  16. Keren sekali, sayang saya belum menemukannya di sekitar rumah saya, ini masih di tempat tertentu saja ya .

    BalasHapus
  17. Hebat deh DD bisa buat Daya Mart. Semoga makin banyak ya di kota-kota lain. Produk yang dijual bisa memberdayakan UKM setempat.

    BalasHapus
  18. Sayang sekali Daya Mart jauh ya dari tempat aku, pengen nyoba belanja disana padahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sayang ya.. Mkanya kmren mumpung lg di sana lngsung aja belanja hehehe

      Hapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

KREASI BENTO BERSAMA IBU

De'... Bangun !! Katany mo ikut ibu , ajaib hahaha anak laki laki qu ini tiba tiba langsung bangun , melek dari tidur nya . J...