Sabtu, 07 Oktober 2017

WASPADA PENYALAHGUNAAN OBAT




Dalam satu dekade terakhir Penyalahgunaan  narkotika,  psikotropika prekursor farmasi di Indonesia menunjukkan  peningkatan yang signifikan . 

Indonesia  merupakan  wilayah yang sangat potensial untuk di jadikan  daerah peredaran narkotika dan psikotropika ilegal karena letak geografis indonesia.

Sebagai lembaga pemerintah BPOM berupaya meningkatkan  pelayanan  dalam misinya melakukan pengawasan  tentang obat dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.
Obat di produksi oleh industri farmasi yang berijin dan produk obat yang di hasilkan sebelum di edarkan harus sudah mendapatkan  ijin edar dari badan BPOM,  akhir akhir ini obat banyak di salahgunakan oleh masyarakat khususnya  di kalangan kaum  muda. Hal tersebut terjadi antara lain karena obat yang di salahgunakan mudah d peroleh di berbagai tempat,  kurangnya pemahaman  masyarakat tentang obat dan bahaya Penyalahgunaan  obat.



Berdasar kan hal tersebut  hari ini Rabu 3 september 2017 bertempat  di lapangan utama Bumi Perkemahan  Cibubur jakarta timur BPOM menggelar  acara "Pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat "
Acara yang di hadiri oleh Bapak presiden RI  Jokowi  untuk meresmikan di canangkannya program  pemusnahan  barang bukti tindak pidana obat dan makanan. Serta penandatanganan  komitmen  bersama oleh 11 elemen masyarakt yang mewakili  pemerintah.



Acara yang di buka oleh  Kepala BPOM Dr. Ir.  Penny K Lukito, MCP menjelaskan bahwa demi mencapai masyarakat  sehat,masyarakat  harus cerdas dalam memilih dan mengkonsumsi  obat, berharap para pemangku kepentingan dapat meningkatkan  pengawasan  yang lebih efektif sehingga masyarakat semakin terlindungi dari obat yang beresiko terhadap kesehatan  dan mengetahui bahaya Penyalahgunaan Obat.



BPOM juga memberikan edukasi dan informasi tentang obat,  penggolongan obat dan tempat membeli obat yang aman, penandaan obat, cara menggunakan obat dan cara membuang obat yang sudah tidak terpakai serta bahaya Penyalahgunaan  obat.




Apa itu obat??
Obat adalah zat yang di gunakan untuk 1.  Mencegah penyakit
            2.Menyembuhkan penyakit
            3. Meningkatkan kesehatan


Apa itu obat ILEGAL ??
obat yang di temukan di pasaran,  namun tidak memiliki izin edar.
Yang termasuk golongan obat palsu
- Obat di buat dengan bentuk dan kemasan sama seperti obat asli,  tetapi tidak mengandung bahan berkhasiat
- Obat di buat menyerupai obat asli, tapi mengandung bahan berkhasiat lain.
- Obat mengandung bahan berkhasiat dengan kadar yang benar atau di bawah standar,  di produksi, di kemas dan di beri lebel SAMA seperti asliny tetapi bukan di buat oleh produsen aslinya.



Jenis obat yang sering di palsukan..
NARKOTIKA
zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tunas man,  sintesis maupun semi sintesis
PSIKOTROPIKA
zat atau obat baik alamiah atau sintesis bukan narkotika,  berkhasiat psioaktif melalui pengaruh selektif pada aktifitas mental dan perilaku
PREKURSOR
zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat di gunakan dalam pembuatan Narkotika  dan psikotropika.


Penyalahgunaan obat
Biasanya terjadi karena mekanisme kerja suatu obat membuat suatu obat dapat menghasilkan efek selain indikasi utamanya,  salah satunya dari  efek samping Penyalahgunaan Obat golongan Narkotika dan  Psikotropika.


Obat golongan ini dapat menyebabkan ketergantungan secara fisik dan spikis.
1.  Ketergantungan Fisik
Menyebabkan timbulnya rasa sakit bila ada usaha mengurangi atau menghentikan pemakaian obat
2.  Ketergantungan psikis
Menimbulkan tingkah laku yang kompulsif, suatu keinginan atau dorongan yang timbul  apabila pemakaian obat di hentikan untuk jangka waktu tertentu.
3.  Hingga terancam
KEMATIAN


Beberapa efek Penyalahgunaan yang timbul ...
- Dapat memberikan rasa senang berlebihan atau euforia,  mengantuk (nge-fly) 
- menimbulkan toleransi dan ketergantungan
- menimbulkan perubahan mood
- menimbulkan gejala putus zat yaitu nyeri, demam, berkeringat dan menggigil
- hingga menimbulkan kematian karena terhambatnya pernafasan





Bersama 11 elemen yang mewakilkan pemerintah hari ini di resmikan  "Pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat"


BPOM berharap dengan aksi ini dapat meminimalisir bahkan menghilangkan  kasus Penyalahgunaan  obat di masyarakat  dengan mengoordinasikan secara terpadu kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat, baik dari pemerintah, organisasi kemasyarakatan,  swasta, pelajar bahkan para musisi tanah air.


Saling bekerjasama dalam "Aksi Nasional Cinta Indonesia" 
Memberantas sampai ke akar akar nya produsen,   distributor maupun pengguna obat palsu dari bumi Indonesia.



2 komentar:

  1. Jangan karena murah beli obat ilegal. Akibat nya fatal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mpo... Harus jelas dulu sakitny apa br kita tau obat apa yg hrus di minum. Mka itu hrs k dokter y

      Hapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

STEP UP System Belajar Modern

Bingung  .. Hal pertama yang saya dapatkan ketika menerima undangan bersana teman Blogger untuk hadir di sebuah tempat di daerah B...