Rabu, 20 September 2017

SMART MOM'S DALAM MENGATUR KEUANGAN




Pernah dengar istilah ini tidak mom's,  "uang ku adalah uang ku uang mu uang ku" pasti ya secara para mom's tidak mau rugi pasti istilah ini kepake banget ya di dalam rumah tangga kita.


Bersama Kumpulan  Emak Blogger hari tanggal  sabtu 9 september 2017 bertempat JSC Hive Coworking Space  dalam acara blogger gathering yang di sponsori Sinar Mas MSIG Life.  Yang  bertema 
1. Edukasi keuangan 
2. Menyikapi  bullying pada anak. 


Di pandu oleh narasumber ,  yaitu
1. Aakar Abyasa Fidzuno
    Free Financial Check Up 
     (CEO)  Founder Jouska Financial 
2. Vera Itabiliana 
     Psikolog Anak dan Remaja



Di buka oleh sambutan dari Bapak Suwandi Sitorus dari Sinar Mas Life yang mengatakan bahwa berdasarkan riset OJK saat ini indeks masyarakat  Indonesia  sangat  minimum dan baru mencapai angka 30% sisanya belom pernah  tau akan riterasi keuangan . Di sinilah Sinar Mas berusaha membantu pemerintah agar masyarakat makin paham dan mulai merencanakan  keuangan . 




Tentang Asuransi Sinar Mas

Sinar MSIG life adalah anak perusahaan  PT. Sinarmas Multiartha Tbk,  satu dari enam pilar  bisnis Sinar Mas yang menyediakan  layanan  Financial  yang terpadu  dan menyeluruh meliputi..
- perbankan
- asuransi 
- pembiayaan 
- pasar modal
- aset
- Jasa administrasi  saham 
- keamanan 
- perdagangan 
- industri dan teknologi informasi 


Brand SMILE (Sinar Mas  MSIG Life)  di perkenalkan kepada masyarakat  luas pada tahun 2013 untuk meningkatkan Corporate brand awareness. 
Di sinilah gunanya asuransi  yang bukan sekedar mengikuti  tread tetapi  sifat dari asuransi sebenarnya seperti penaung atau penopang yang berguna untuk berjaga -  jaga dari kebangkrutan dan kerugian. 


Bersama asuransi SMIG LIfe mengajak para mom's untuk mulai mengatur keuangan  sejak dini dan di mulai dari rumah  tangga menjaga jika sesuatu  terjadi, dan berusaha mewujudkan  masa depan keluarga dengan baik. "yuk atur uangmu" 



Narasumber pertama  Bapak Aakar mencontohkan berapa hal di sekitar kita tentang awamnya masyarakat  tentang pentingnya perencanaan keuangan,  bahkan untuk sekaliber pengusaha  besar sekalipun. Bahkan para pekerja di bidang  asuransi sendiri pun belum  paham apa yang menjadi dagangan atau target yang mereka tuju. 


Di dalam masyarakat kita  mayoritas lebih ke kategori  Middle Income dengan ciri - ciri 
-  mulai bekerja di umur 20 tahun
    -  umur 30 tahun mencicil rumah 
    -  umur 40 tahun  matang 
    -  umur 50 tahun mencari menantu              kaya 
-  benar- benar kerja untuk  mencari uang
-  uang naik berapa gaya hidup naik               berapa
-  harus sadar kapan kita keluar dari             middle income 



Untuk Keluar dari keterjebakan dalam lingkup middle  income kita harus mundur dan mulai mengatur keuangan. 
Ada hal- hal yang harus di perhatikan  sebelum mengatur keuangan 
1. Uang ku berapa,  uang suami berapa
2. Cek risk profile,  surat- surat 





Di sinilah gunanya para mom's  dimana mereka yang mengatur keuangan  dalam rumah tangga,  dengan mengajak komunitas KEB (kumpulan Emak Blogger)  berharap para mom's makin tau dan bijak dalam mensiasati keuangan masing- masing dan juga dalam mendidik anak -  anak dengan segala permasalahan nya. Dengan moto "yuk atur uangmu"  



Narasumber kedua  ibu Vera... Spikolog anak dan remaja,  masih seputar kehidupan para mom' s dalam mengasuh dan menyikapi prilaku anak dan pergaulan  anak-anak sekarang. 

 Di jelaskan di sini akibat makin banyak  nya bullying di antara anak-anak yang berdampak  sangat besar untuk perkembangan  spikologi anak,  yang sangat memprihatinkan untuk masa depan para penerus bangsa. 



Tentang Bulliying

Apa itu bullying  
* Menggunakan  pengaruh atau kekuatan  superior untuk mengintimidasi orang lain agar melakukan  atau memberikan  apa yang dia inginkan
* Perilaku agresif yang di lakukan secara sengaja melibatkan  kekuatan yang tidak seimbang  berulang kali atau berpotensi  untuk berulang. 


Indikator bulliying 
- menyakiti
- dengan sengaja
- berulang kali 
- tidak seimbang 


Dampak dari bulliying 
- anak jadi berhenti sekolah 
- harga diri anak buruk 
- menyendiri 
- bunuh diri


Macam- macam bulliying
- Fisik,  contoh  nyubit,  dorong
- Verbal
- Relasional,  contoh di cuekin 
- Cyber bullying  contoh dari gadget



Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa bullying 
-  tidak pandang berasal dari keluarga  baik atau keluarga  broken
-  korban 
-  pelaku
-  saksi 


Dalam temu gathering KEB ini pula di harap para mom's bisa terinspirasi dan makin tau dan bijak dalam menghadapi  bulliying di lingkungan  masyarakat. 


4 komentar:

  1. Agak ngeri juga akibat yang ditimbulkan bullying, bisa jadi berefek jangka panjang dan bisa menyerang ke psikologis pada korban, sebagai ibu harus lebih aware lagi nih untuk bullying

    BalasHapus
  2. Y mba tanpa kita mengurangi kebebasan anak kita retap hrs mengwasi pergaulan anak2

    BalasHapus
  3. Seru ya bahas keuangan sekaligus bullying. Jadi nambah informasi untuk kita-kita.

    BalasHapus
  4. Y mba... Acara ny pun santai jd masuk k kepala

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

ISTIQOMAH DI MILAD4 BLOGGER MUSLIMAH

Assalamualaikum ... Wah pagi pagi saya sudah rapih ni hari ini Minggu 9 Desember 2018 , mau kemana Bu  ...kata anak saya  . Ibu mau ...