Kamis, 14 September 2017

JADILAH BUNDA PINTAR, TIAP SUSU BERBEDA




Hilangkan  persepsi dan anggapan mentang mentang murah kasih SKM,  anak tidak mau makan  di kasih SKM, anak sudah minum SKM berarti sudah minum susu dan gizinya terpenuhi, ternyata tidak lo mom...


Bertempat  di Sleepyhead coffe di temani narasumber  Dr.  Martin Leman, SPA dan komunitas ISB hari ini 12 september 2017 kami para blogger menghadiri acara FUN DISCUSSION  yang bertema "jadilah bunda pintar tiap susu berbeda" .



Di sinila  para mom sangat berperan dalam tumbuh kembang putra putri nya,  tentang kecukupan  gizi keluarga,  cukupi gizi bayi dengan asi. Kadang ada adat yang bertentangan dengan medis dalam pemberian nutrisi  pada anak,  menurut kita baik ternyata belum tentu untuk  para buah hati kita dari segi kesehatan. 



Bersama kompeni sehat hari ini kita membahas mengenai susu dan cakupan gizinya untuk putra putri kita,  dengan suasana  santai  mulai Dr. Leman membuka topik mengenai susu,  secara di era sibuk ini banyak  para mom dengan berbagai alasan memang memerlukan  susu tambahan untuk penunjang bahkan bahan pokok untuk asupan gizi buah hatinya. 


Walaupun susu formula  di anjurkan tapi tidak di anjurkan untuk menjadikan susu  menjadi wajib. Ada banyak jenis susu  yang ada di masyarakat  saat ini dan setiap susu mempunyai  kandungan gizi  berbeda  beda,  jadi sikap pintar dalam memilih susu sesuai kebutuhan  sang buah hati sangat penting. Karena jika memang buah hati kita sudah cukup kebutuhan gizi nya dan sekiranya tidak ingin mengkonsumsi  susu pun dan tidak perlu tidak apa-apa. 



Kecukupan gizi putra putri kita bisa di beri dengan  makanan gizi seimbang,  kecukupan  gizi seimbang anak untuk kondisi tertentu bisa pilih susu tapi di anjurkan  bukan SKM yang memang banyak dan mudah di dapat di sekitar kita.  Ada banyak jenis susu,  dan mana yang benar benar susu dengan komposisi gizi baik harus benar benar di Perhatikan  dan ternyata SKM bukan kategori  susu yang di anggap susu oleh sebagian kita. 


Kandungan susu yang baik tentu saja tidak terlalu banyak  mengandung  kadar gula. Daripada di beri susu yang mengandung  kadar gula berlebih lebih baik berilah  buah hati kita makanan pendamping  dengan pemenuhan gizi yang baik dan tahapan kelembutan  makanan  sesuai dengan  usianya. 

Dengan program Asi eksklusif  bukan berarti buah hati kita tidak di beri mkanan sama sekali,  justru itu program  ini cukup 6 bln selebihnya sampai usia 2 thn perlu di dampingi dengan makanan pendamping  asi. Karena memang semakin lama kandungan asi pun makin berkurang berilah yang terbaik untuk buah hati kita,  makanan yang beragam agar anak tidak bosan. 


 Setiap susu dengan merk dan perusahaan berbeda pasti berbeda pula kadar kandungan gizinya. Perbedaan itu terjadi dari beberapa faktor dan penyebab,  diantaranya
- bahan baku makin jauh di dapat makin mahal pula 
- proses pembuatan 
- tekhnologi yang di gunakan. 

Susu formula  di buat menyamai kualitas asi dengan menggunakan tekhnologi tanpa mengurangi dan menghilangkan nutrisi dan kandungan dari susu. Sesuai kebutuhan  akhirnya produsen susu  pun membuat produk susu sesuai gizi bahkan manfaat untuk peminum susu itu. 
Seperti  susu untuk alergi,  susu untuk yang terkena buang air besar atau diare, susu untuk peningkatan  berat badan hingga susu yang berkadar soya. 



Susu yang baik di seduh dalam suhu 70% karena dalam suhu tersebut cukup mematikan bakteri tanpa merusak proteinnya dan kandungan gizi yang terdapat dalam susu formula. 

Maka dari itu mom hilangkan persepsi anak gemuk yang  mengemaskan dan lucu itu bagus sehat, gunakan lah konsep nutrisi seimbang beri putra putri kita dengan makanan pendamping alami. Biar kan mereka bereksplor dengan rasa,  beri trik trik agar buah hati kita mau makan. 



Minum susu boleh jika selesai makan, karena pada dasarnya  yang membuat ingin makan itu ada dua hal yaitu lapar dan rasanya enak.  pilihlah susu sesuai  usia dan kebutuhan serta gunakan sesuai  dengan fungsinya. Sekali lagi mom SKM lebih ke toping untuk makanan  atau masakan yang di gunakan sebagai  pelengkap  penambah rasa manis untuk olesan, untuk pemanis di es campur atau hanya sekedar menperindah tampilan kue atau cake. 



Akhirnya mom berakhir sudah diskusi kita hari ini,  semoga paparan saya kali ini bisa bermanfaat dan berguna buat kita semua. " Niat baik jika di lakukan dengan baik,  hasilnya pasti baik. 





5 komentar:

  1. ibu yang pintar tahu mana susu dan mana yang hanya untuk pelengkap makanan.

    BalasHapus
  2. ibu yang pintar tahu mana susu dan mana yang hanya untuk pelengkap makanan.

    BalasHapus
  3. saya baru tau klo mengaduk sofur bs langsung di air panas , taunya dari air biasa

    BalasHapus
  4. Jadi kalau minum SKM yang dicarikan sama aja minum air gula rasa susu yaaa...

    BalasHapus

Terimakasih telah mengunjungi Dunia Novita Levi
SIlahkan Tinggalkan Komentar :D

ISTIQOMAH DI MILAD4 BLOGGER MUSLIMAH

Assalamualaikum ... Wah pagi pagi saya sudah rapih ni hari ini Minggu 9 Desember 2018 , mau kemana Bu  ...kata anak saya  . Ibu mau ...